bdadinfo.com

Diam-Diam Ternyata Jalan Tol di Aceh Gunakan Teknologi Canggih Dunia saat Beroperasi: Sama Seperti Negara Maju di Eropa! - News

Ilustrasi jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang ada di Provnsi Aceh, beroperasi denganmenggunakan teknologi canggih (Dok: BPJT Kementerian PUPR)

- Mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus diupayakan oleh pemerintah hingga saat ini.

Meski saat ini Jalan Tol Trans Sumatera tersebut belum dapat terhubung sepenuhnya dari Lampung hingga Aceh, namun pembangunanya terus didorong.

Sejumlah proyek pembangunan rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera diketahui pembangunan fisiknya terus berlangsung.

Baca Juga: Sumatera Barat Nggak Ada Apa-apanya, Tol Riau Pakai Teknologi Canggih yang Sanggup Samai Hebatnya Tol di Jerman dan Jepang!

Pembangunannya ditargetkan tuntas secara bertahap dimulai di akhir tahun 2023 ini hingga di semester 1 (satu) dan semester 2 (dua) tahun 2024.

Sementara beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang telah tuntas pembangunanya juga terus berbenah, salah satunya adalah jalan tol di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Diketahui bahwa, salah satu ruas jalan tol yang ada di Aceh beroperasi dengan menggunakan teknologi yang canggih.

Baca Juga: 5 Tahun Proyek Tol Padang Sicincin Berjalan, Akhirnya Proses Pembebasan Lahan Masuki Tahap Final: Optimis Rampung Sebelum Lebaran?

Bahkan, teknologi tersebut membuat kualitas dari jalan tol di Aceh sama seperti infrastruktur di negara maju di benua Eropa.

Penerapan teknologi canggih pada jalan tol di Aceh ini juga merupakan salah satu modernisasi yang patut dihargai.

PT Hutama Karya, selaku salah satu pengembang dan pengelola Jalan Tol Trans Sumatera menyebutkan bahwa, teknologi yang digunakan di ruas JTTS ini masih jarang digunakan.

Baca Juga: Kualitas Kelas Dunia! Jalan Tol di Sumatera Utara ini Pakai Teknologi Canggih yang Bikin Setara dengan Negara-Negara Maju di Barat

Bahkan untuk kawasan Asia Tenggara (ASEAN) saja, penggunaan teknologi ini belum banyak dijumpai.

Lalu ruas jalan tol manakah di Provinsi Aceh yang menggunakan teknologi canggih tersebut?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat