bdadinfo.com

Lokasinya Nggak Jauh dari Sumatera Barat! Proyek Hebat Jalan Tol Sepanjang 189 Km ini Rampung Cuma 16 Bulan saja, Sumbar Menganga Dibuatnya - News

Jalan tol terpanjang di Indonesia ini berada di Pulau Sumatera memiliki panjang 189 km dan dibangun hanya dalam 16 bulan saja (Dok: Hutama Karya)

- Salah satu fakta yang mencengangkan terkuak pada salah satu proyek pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Proyek pembangunan infrastruktur tersebut diketahui merupakan pembangunan jalan tol pada salah satu daerah.

Lebih lanjut, proyek tersebut juga menjadi salah satu bagian dari mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang mengular di Bumi Andalas.

Baca Juga: Selain Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Proses Pembangunannya juga Paling Cepat dalam Sejarah: Sumatera Punya nih!

Proyek hebat tersebut merupakan pembangunan jalan tol yang hingga artikel ini diterbitkan menjadi ruas jalan tol terpanjang di Indonesia yang beroperasi aktif.

Jalan tol tersebut memiliki total panjang lintasan 189 km jauhnya. Torehan ini belum ada yang mampu melampauinya. 

Lebih istimewanya lagi, jalan tol terpanjang di Indonesia tersebut juga dibangun dalam kurun waktu yang sangat cepat, hanya dalam 16 bulan saja.

Baca Juga: 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, 3 Teratas Ada di Pulau Sumatera dan  Bagian dari Mega Proyek JTTS: Jauhnya Minta Ampun!

Catatan tersebut pun menjadikan jalan tol rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera ini menjadi proyek pembangunan jalan tol paling cepat pembangunannya dalam sejarah infrastruktur jalan tol Indonesia.

Proses pembangunan jalan tol ini dimulai pada Juli 2018 dan secara resmi sudah beroperasi pada November 2019, 16 bulan saja.

Lalu, berada di daerah manakah proyek jalan tol hebat satu ini? Satu hal yang pasti, jalan tol ini tidak berada di Provinsi Sumatera Barat karena jalan tol di Sumbar masih dalam tahap konstruksi (Tol Padang-Sicincin) dan belum beroperasi.

Baca Juga: Asyik! Titik Terakhir JTTS yang ada di Jambi Kini akan Diperpanjang sampai Riau, Begini Progres Terbarunya

Selain itu, Sumatera Barat hingga saat ini belum memiliki jalan tol yang panjangnya mencapai 189 km.

Adapun lokasi persis dari proyek jalan tol hebat ini berada di dua provinsi di Sumatera, yaitu Lampung dan Sumatera Selatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat