bdadinfo.com

Hampir Seluas Negara Palestina! Pulau Berada di Luar dari Wilayah Pulau Sumatera Ini Hengkang dari Provinsi Sumatera Barat - News

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini berada di luar dari wilayah pulau Sumatera, yang terdiri atas empat pulau utama. Kabupaten Kepulauan Mentawai dibentuk berdasarkan UU RI No. 49 Tahun 1999 resmi dimekarkan dari

 - Ada sebuah kabupaten baru dari hasil pemekaran di Sumatera Barat ini yang disahkan pada 4 Oktober sebagai hasil pemekaran Kabupaten Padang Pariaman. Tahukah anda?

Diketahui, Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatra dengan ibu kota Padang.

Provinsi Sumatera Barat terletak sepanjang pesisir barat Sumatra bagian tengah, dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Baru Resmi 2 Jalan Tol di Pulau Sumatera, Akses Danau Toba ke Sumatera Utara Makin Dekat, Ada Yang Tahu?

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 42.012,89 km² ini berbatasan dengan empat provinsi, yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Sumatera Barat adalah rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, walaupun wilayah adat Minangkabau sendiri lebih luas dari wilayah administratif Provinsi Sumatera Barat saat ini.

Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, dengan mayoritas beragama Islam.

Baca Juga: Politeknik Negeri Padang Perkuat Ekosistem Kemitraan untuk Kembangkan Potensi Industri di Sumatera Barat

Sumatera Barat terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali Kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan sebagai nagari.

Sumatera Barat terletak di pesisir barat di bagian tengah pulau Sumatra yang terdiri dari dataran rendah di pantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan.

Provinsi ini memiliki daratan seluas 42.297,30 km² yang setara dengan 2,17 persen luas Indonesia.

Dari luas tersebut, lebih dari 45,17 persen merupakan kawasan yang masih ditutupi hutan lindung.

Garis pantai provinsi ini seluruhnya bersentuhan dengan Samudra Hindia sepanjang 2.420.357 km dengan luas perairan laut 186.580 km².

Kepulauan Mentawai yang terletak di Samudra Hindia termasuk dalam provinsi ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat