bdadinfo.com

Baru Resmi 2 Jalan Tol di Pulau Sumatera, Akses Danau Toba ke Sumatera Utara Makin Dekat, Ada Yang Tahu? - News

Ilustrasi. Akses Arah Danau Toba ke Sumatera Utara Makin Dekat (Freepik)

- Setelah penantian yang panjang akhirnya sebagian proyek strategis nasional (PSN) perlahan-lahan mulai diresmikan termasuk 2 ruas Jalan Tol di Pulau Sumatera.  

Pembangunan 2 ruas Jalan Tol tersebut yakni jalan tol ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Segmen Tebing Tinggi - Indrapura, dan Jalan Tol ruas Indrapura - Kisaran Segmen Indrapura - Limapuluh. 

Sebelumnya, masih dalam tahap pengerjaan untuk Jalan Tol ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Segmen Tebing Tinggi - Indrapura karena Kementerian PUPR terus mengupayakan pembangunan agar cepat rampung.

Baca Juga: Hewan Peliharaan atau Bukan Berdasarkan Gambar, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 3 Halaman 156 Kurikulum Merdeka

Hadirnya jalan tol sepanjang total 143,25km ini yang akan meningkatkan konektivitas di Sumatera Utara dan mempermudah akses wisatawan, khususnya dari Kota Medan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Keterangan resmi dari Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja menyatakan bahwa ruas Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura - Kisaran dan ruas tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat adalah bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra. 

Jalan Tol Trans Sumatra yang nantinya akan  menghubungkan Tebing Tinggi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung sehingga bisa mendukung pengembangan kawasan industri dan wisata di Sumatera Utara. 

Diketahui pembangunan Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi - Parapat terdiri menjadi 6 segmen dengan menggunakan anggaran dana secara keseluruhan sebesar Rp13,4 triliun.

Baca Juga: Cara Memelihara Hewan yang Baik sesuai Gambar, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 3 Halaman 162 Kurikulum Merdeka

Segmen 1-4 dikerjakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT Waskita Karya untuk segmen 2 dan 3 serta PT Hutama Karya untuk segmen 1 dan 4, sementara untuk seksi 5 dan 6 menjadi porsi pemerintah.

Namun, progres pembangunan pengerjaan dari Segmen 1 ruas Jalan Tol Tebing Tinggi - Indrapura sepanjang 20,4km saat ini telah dinyatakan rampung 100 persen sebagaimana dikutip dari setneg.go.id.

Lain halnya dengan pembangunan pengerjaan Jalan Tol ruas Indrapura - Kisaran Segmen Indrapura - Limapuluh yang telah rampung terlebih dahulu bahkan sudah dioperasikan namun belum diresmikan. 

Ruas baru Jalan Tol Trans Sumatera telah dioperasikan sejak 10 November 2023, salah satunya Jalan Tol ruas Indrapura - Lima Puluh sepanjang 15,6km. 

Baca Juga: Raih Runner Up Piala Soeratin U-17 Nasional, Persikopa Kota Pariaman Dijamu PKDP Kota Padang

Lantaran Pengoperasian ruas tol tersebut sudah ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1401/KPTS/M/2023 terkair Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi Indrapura – Lima Puluh. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat