bdadinfo.com

Pembangunan Kantor Presiden dengan Bilah Burung Garuda Telah Mencapai 66 Persen: Progres dan Tantangan di Lapangan - News

Progres pembangunan Kantor Presiden di IKN (YouTube BornoeTube)

- Pada kali ini pembahasan terkait perkembangan pembangunan kantor presiden yang dilengkapi dengan bilah burung garuda, yang dikerjakan oleh tim Nyoman Nuarta di Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, kabarnya progresnya sudah sekitar 66%, artinya tinggal tersisa sekitar 34%.

Maka, seperti dikutip dari YouTube BorneoTube, kantor presiden ini sudah hampir selesai 100%.

Sementara untuk pengerjaan bilah garudanya, yang terdiri sekitar 4.650 bilah yang terbuat dalam 465 modul, sudah terpublikasi.

Baca Juga: Luasnya 16.588 Hektare! Sumatera Selatan Bakal Bangun Bendungan Terbesar Demi Pemasok Air Jernih di Kabupaten Ini

Serta, onsite saat ini sudah sampai di lokasi proyek, yaitu di workshop kedua Nyoman Nuarta di Sepaku, Kalimantan Timur.

Ada satu tulisan di media yang mengatakan sudah sebanyak 55% di antaranya telah terpasang pada Istana Presiden bilah Garuda tersebut.

Namun, kalau dibandingkan dengan fakta di lapangan, itu masih jauh dari 55%, karena yang sudah terpasang bilah itu masih area struktur utama, bagian depan dan belakang.

Seandainya sudah 55%, itu sudah minimal terpasang pada beberapa titik di area sayap garudanya.

Baca Juga: Jembatan Ikonik di Bangka Belitung Ini Habiskan Rp420 Miliar, Satu-satunya yang Pakai Teknologi Canggih Ini

Sementara ini, di lapangan, itu baru pemasangan tiang panjang sebagai wadah untuk melekatnya bilah garuda di sayap kantor presiden ini.

Jadi, masih ada beberapa titik yang belum terpasang, yakni pada area yang berbentuk kepala Garuda, kemudian dua sayap sisi kanan dan kiri.

Diprediksi paling tidak progresnya itu baru sekitar 30 atau 40%.

Perlu diketahui bersama bahwa pembangunan istana atau kantor presiden ini dimulai sejak Tahun 2022 lalu, yakni pada bulan November.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat