bdadinfo.com

Otorita IKN Survei Lokasi Uji Coba Taksi Terbang di Bandara Balikpapan dan Samarinda - News

Otorita IKN Survei Lokasi Uji Coba Taksi Terbang di Bandara Balikpapan dan Samarinda (Tangkap layar Youtube.com/Pers Lokal)

- Otorita IKN bersama Kementerian Perhubungan melakukan survei lokasi untuk uji coba taksi terbang di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan dan Bandara Haji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur. 

Uji coba ini dilaksanakan sebelum peringatan HUT ke-79 RI di tahun 2024 mendatang.

Ini sebuah momentum penting yang hanya dapat terwujud melalui pembangunan IKN dan penggunaan teknologi yang memajukan. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Dorong Kolaborasi Otorita IKN dengan INA untuk Tarik Minat Investor Asing

“Kita berharap ada teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk penciptaan pengembangan dan ada peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia,” ujar Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohamed Ali Berawi, di Jakarta pada hari Kamis, 8 Februari 2024.

Ali Berawi menyatakan harapannya akan adanya teknologi yang dapat digunakan untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia.

Ali Berawi memberikan dukungan untuk inisiatif kolaborasi antara bandara di Kalimantan Timur dengan perusahaan internasional untuk merealisasikan uji coba mobilitas udara perkotaan.

Baca Juga: Siap Jadi Gerbang IKN! Pemerintah Gelontorkan Dana Ratusan Miliar demi Tuntaskan Proyek Jembatan di Kalimantan Selatan yang Tertunda

Seperti dikutip dari YouTube Pers Lokal, aksi ini dilakukan sebagai implementasi teknologi maju di Nusantara dan kota-kota sekitarnya. 

Direktur Pengembangan Ekosistem Digital Otorita IKN, Tony Agus Setiono, menekankan pentingnya kolaborasi komprehensif antara pemerintah dan swasta serta kelayakan uji coba moda harus didasarkan pada pengkajian dan sertifikasi yang matang.

Selain itu, perlu dilakukan studi mengenai kelayakan operasional dan penyusunan rekomendasi kebijakan baru dalam mobilitas udara perkotaan.

Menurut Tony, uji coba ini tidak hanya fokus pada pengembangan moda.

Tetapi juga pada pengembangan sistem sumber daya manusia dan perangkat pendukung, agar IKN menjadi kota cerdas dengan mengadopsi teknologi transportasi dan mobilitas cerdas.

Salah satu teknologi yang diterapkan adalah mobilitas udara perkotaan (Urban Air Mobility), dan survei ini juga melibatkan Korean Aerospace Research Institute dan Hyundai Motors Company. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat