bdadinfo.com

OIKN Resmikan Peta Jalan Menuju Loveable City: Membangun Kota yang Bahagia dan Berkelanjutan pada Hari Internasional Kebahagiaan - News

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan peta jalan pada tanggal 20 Maret yang bertepatan dengan Hari Internasional Kebahagiaan, dengan tujuan menjadikan kota yang dicintai.

- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meluncurkan peta jalan untuk menjadikan kota yang dicintai, Loveable City, pada tanggal 20 Maret.

Tanggal ini juga bertepatan dengan Hari Internasional Kebahagiaan. 

Dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Kepala OIKN, Bambang Susantono, menjelaskan bahwa alasan peluncuran peta jalan tersebut pada tanggal 20 Maret adalah karena tanggal tersebut merupakan Hari Internasional Kebahagiaan.

Baca Juga: Asyik! Kabar Baik Selimuti Sumatera Barat dan Riau di Bulan April, Jalan Tol Impian Terpanjang di Indonesia Bakal Diresmikan 2024

"Nanti pada tanggal 20 Maret kami meluncurkan apa yang disebut peta jalan untuk loveable city," kata Kepala OIKN Bambang Susantono dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Jumat. 

Bambang menyatakan bahwa peta jalan ini tidak dibuat secara sembrono, melainkan berdasarkan studi yang mendalam tentang bagaimana membuat kota menjadi tempat yang dicintai. 

Salah satu sumber inspirasi adalah Finlandia, yang telah beberapa tahun berturut-turut menjadi negara paling bahagia di dunia. 

OIKN berencana untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat setiap tahun, mirip dengan praktik di Finlandia, sebagai bagian dari upaya pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga: Blora Sangat Perhatian! Jalan Terindah Sebanyak 3 Ruas Jalan Daerah Mulus Kembali, Baru Resmi 2024?

Peluncuran peta jalan ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2022 tentang perincian rencana induk Ibu Kota Nusantara.

Perincian ini menegaskan cita-cita Indonesia untuk menjadi bangsa yang berdaulat, maju, adil, dan makmur pada tahun 2045. 

Seperti yang dikutip dari YouTube Pers Lokal, visi Indonesia 2045 tersebut didasarkan pada empat pilar utama.

Yaitu, pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, pemerataan pembangunan, dan pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Baca Juga: Garapan Peluang Hutama Karya, Konstruksi Pembangunan Proyek KPBU Segera Dibangun Jalan Trans Jayapura di Papua Bakal Jadi Terpanjang di Indonesia!

Pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan menjadi strategi untuk mewujudkan visi tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat