bdadinfo.com

Persingkat Waktu Tempuh Jadi Cuma 20 Menit, Jalan Tol Garapan Hutama Karya Senilai Rp2,026 Triliun ini akan Selesai Tahun Depan - News

Persingkat Waktu Tempuh Jadi Cuma 20 Menit, Jalan Tol Garapan Hutama Karya Senilai Rp2,026 Triliun ini akan Selesai Tahun Depan/Hutamakarya

 

- Hutama Karya bersama perusahaan kontraktor dari Cina saat ini sedang menyelesaikan pembangunan salah satu ruas jalan tol di Semarang, Jawa Tengah.

Jalan Tol yang menghubungkan Semarang hingga Demak melalui Kaligawe - Sayung - Demak ditargetkan akan selesai pada April 2025 mendatang.

Tol tersebut adalah Jalan Tol Semarang Demak yang dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca Juga: Rumah Tapak Jabatan Menteri di Ibukota Negara Mulai Dihuni Juli 2024: Target Basuki Hadimuljono dan Progres Pembangunan Infrastruktur IKN

Hutama Karya sebagai penggarap jalan tol ini berkolaborasi dengan Beijing Urban Construction Group Co.Ltd. (BUCG), KSO mengerjakan konstruksi pada Seksi 1A dari Semarang/Kaligawe - Sayung.

Pembagian porsi pengerjaan proyek tersebut sebesar 40,44 persen digarap oleh Hutama Karya dan 59,56 persen oleh BUCG.

Mengutip dari Jawa Pos radarsemarang.id, Hutama Karya menggarap proyek jalan tol tersebut mulai dari area Kaligawe, sedangkan BUCG mengerjakan dari wilayah Sayung.

Baca Juga: Jokowi Serahkan Zakat ke Baznas di Istana, Begini Harapannya

Jalan tol yang memiliki panjang 4 km dengan nilai investasi Rp2,026 triliun tersebut mulai digarap pada 16 Januari 2023 lalu.

Ruang lingkup pengerjaan Hutama Karya meliputi pekerjaan area elevated, pemanjangan concrete spun pile (CSP), pekerjaan aspal, galian struktur, lifting grider eksisting.

Selain itu, pada Jembatan Kaligawe perlu adanya pembongkaran dan peninggian elevasi kurang lebih setinggi 1 meter.

Baca Juga: Konstruksi Stadion Utama Sumbar Dikabarkan Masuk Tahap 8 di 2024, Butuh Anggaran hingga Ratusan Miliar: Bisa Buat Konser Besar Juga Loh 

Tantangan yang dihadapi dalam pengerjaan jalan tol ini adalah padatnya lalu lintas di jalur tersebut, terutama di Jembatan Kaligawe.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat