bdadinfo.com

Pertama di Indonesia! Jembatan Terpanjang Se-Asia Tenggara, Ada di Provinsi Jawa Barat, Mampu Tampung Lebih Dari 30 Pengunjung? - News

Situ Gunung Suspension Bridge, Jabar  (Freepik)

- Pengerjaan mega proyek Jembatan di Provinsi Jawa Barat sebagian telah selesai dan beroperasi sejak lama. 

Jembatan terpanjang yang dimaksudkan tersebut adalah “Situ Gunung Suspension Bridge” berlokasi di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi-Jawa Barat. 

Suspension bridge berada di tengah hutan di Asia Tenggara membentang sepanjang 243m dengan lebar 1,8m dan ketinggian 121m di atas permukaan tanah.

Baca Juga: Kabupaten Banyumas Bersaing Sehat! Pembangunan Jembatan Tahap IV Terpanjang Segera Dimulai Jadi Penghubung Kecamatan, Lebaran Difungsikan...

Salah satu tempat tujuan wisata selama bertahun-tahun yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Diketahui Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) seluas 24.270,80 Hektare secara administratif berada di tiga kabupaten. 

Secara administratif berada di tiga kabupaten meliputi Cianjur, Sukabumi dan Bogor.

Taman nasional ini adalah salah satu dari 5 (lima) taman nasional pertama di Indonesia yang diumumkan oleh Menteri Pertanian pada 6 Maret 1980.

Baca Juga: Akhir Progres Capai 30 Persen! Gak Lama Lagi Pembangunan Masjid Termegah di Indonesia Ini Ada di Kalimantan Selatan, Kabupaten Mana?

Sebelum ditetapkan sebagai TNGGP, kelompok hutan ditetapkan sebagai zona inti Cagar Biosfer Cibodas oleh UNESCO pada Tahun 1977.

Dengan kawasan TNGGP memiliki banyak keindahan alam yang berpotensi menjadi objek wisata alam.

Objek wisata alam meliputi air terjun, air panas, gua, jalur pendakian dan danau namun salah satu keindahan tersebut ialah Kawasan Situgunung.

Baca Juga: Sumbar-Riau Lebih Dekat, Mudik Lebaran Idul Fitri Siap Beroperasi Tapi Sebentar Lagi ULF!

Namun Jembatan Gantung Situgunung merupakan pertama kali dibangun di pertengahan tahun 2017. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat