bdadinfo.com

Kabupaten Probolinggo Baru Resmikan Konstruksi Pembangunan Jembatan Penopang Kemajuan di Jawa Timur Ini... - News

Jembatan Bailey, Probolinggo  (Freepik)

- Proyek strategis nasional di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur dalam tahap keberlanjutan yaitu Jembatan penopang kemajuan daerah. 

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa baru diresmikan Jembatan rangka baja ringan berkualitas tinggi yang berada di Desa Kregenan, Kec. Kraksaan, Kab. Probolinggo pada Selasa 3 Desember 2022. 

Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang membangun jembatan bailey di Kabupaten Probolinggo sebagai pengganti jembatan gantung yang ambruk.

Baca Juga: Sekian Lewati Drama! Akhirnya Konstruksi Seksi 2 Ruas Jalan Tol Terpanjang dan Kebanggaan di Sumatera Utara, Progres Udah Sampai Sini...

Jembatan gantung yang ambruk akibat overload saat dilewati jalan sehat siswa dan siswi SMPN 1 Pajarakan pada 9 September 2022 lalu.

“Pertimbangan memakai jembatan bailey, karena dari hasil penyelidikan tanah itu, tanahnya disini lunak,” 

“Jadi kalau kita memakai jembatan pondasi dangkal, nanti diperkirakan tidak akan mampu menahan konstruksi jembatan itu sendiri,” tutur Kepala Bidang Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim, Marijatoel Kittijah.

Baca Juga: Tentukan Jari-Jari Bola dan Setengah Bola Tertutup, Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 304 Latihan 5.3 No. 4

Walaupun ada sedikit penolakan atau trauma dari warga kalau memakai jembatan gantung lagi. 

Namun disamping itu, dana BTT itu tidak boleh permanen sedangkan jembatan gantung termasuk permanen. 

“Untuk lokasinya tetap, nanti akan ada proses pembongkaran. Kemugkinan realisasinya sebelum akhir tahun sudah selesai dan sudah bisa dilewati,”

Baca Juga: Konstruksi Pembangunan Jembatan Baru dan Talang Irigasi di Kabupaten Sidoarjo Segera Dibangun, Demi Penopang Lahan Pertanian di Desa?

“Untuk panjang jembatan 36 meter agar lebih aman. Untuk dudukannya, lebarnya sekitar 3 meter,”

“Untuk tinggi seperti yang lama karena sudah mempertimbangkan muka air banjir,” ujar Marijatoel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat