bdadinfo.com

Horee! Riau Siap Operasikan Jalan Tol yang Punya Jembatan Layang Istimewa, Satu-satunya di JTTS: Daerah Lain Nggak Sanggup Buat - News

Jembatan layang unibridge yang berada di Jalan Tol Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang - Koto Kampar, Provinsi Riau. Jembatan ini yang pertama dalam rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Tolnya sendiri juga sebentar lagi akan beroperasi secara fungsional. ((Dok: Wika Ikon))

- Provinsi Riau dikabarkan akan segera mengoperasikan satu proyek jalan tol terbaru yang konstruksinya yang akan selesai di tahun 2024 ini.

Jalan tol terbaru Provinsi Riau tersebut merupakan bagian dari rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Menariknya, jalan tol terbaru Riau ini memiliki hal yang cukup membanggakan bagi masyarakat Bumi Lancang Kuning itu sendiri.

Baca Juga: Tancap Gas! Riau Mau Jalan Tol Bangkinang-Koto Kampar Diresmikan di Tahun 2024: Terus Kejar Sertifikat Laik Operasi

Yaitu keberadaan jembatan layang unibridge yang merupakan jembatan satu-satunya dengan jenis yang sama yang ada di rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera.

Daerah-daerah lain yang ada di Pulau Sumatera tidak memiliki jembatan yang sama seperti yang ada di Provinsi Riau.

Adapun jembatan layang unibridge ini diketahui berada di Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar.

Baca Juga: Sumatera Barat Menangis, Riau yang Jadi Tetangganya Siap Sambut Jalan Tol Baru Lebaran Idul Fitri 2024: Langsung Beroperasi saat Mudik!

Dalam proses pembangunannya, pihak pengembang sengaja menggunakan jembatan layang unibridge untuk efisiensi struktur pada kontur yang ekstrem sebagaimana keadaan di lembah Kampar yang curam.

Selain itu, serta struktur yang ringan dengan bentang yang panjang dapat mengefisiensi desain pada struktur pondasi dan kolomnya.

Jembatan layang unibridge sendiri memiliki kelebihan dapat dipasang jauh lebih cepat dibandingkan dengan instalasi jembatan yang umumnya menggunakan sambungan las maupun baut konvensional. 

Baca Juga: Pekerja Konstruksinya Mudik Lebaran, Jalan Tol Penghubung Sumatera Selatan-Jambi Gagal Bisa Dilintasi saat Hari Raya Idul Fitri 2024

Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar sendiri oleh pihak pengembang jalan tol ditargetkan rampung tahap konstruksinya pada bulan April tahun 2024 ini.

Bahkan, pihak pengembang Jalan Tol Bangkinang Koto Kampar ini mengupayakan pengoperasian secara fungsional saat momen mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat