bdadinfo.com

Akhir Progres Capai 30 Persen! Gak Lama Lagi Pembangunan Masjid Termegah di Indonesia Ini Ada di Kalimantan Selatan, Kabupaten Mana? - News

Masjid Raya Syekh, Banjarbaru (Freepik)

- Proyek pembangunan infrastruktur masjid termegah di Indonesia yang terletak di Kalimantan Selatan tengah digarap. 

Masjid termegah yang sedang dalam tahap pengerjaan inilah dikenal dengan sebutan “Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari” di Banjarbaru, Kalsel.

Proyek strategis Gubernur Kalimantan Selatan meliputi Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ditargetkan selesai pada Agustus mendatang.

Baca Juga: Diam-diam Sumbar Punya Jembatan Gantung Spektakuler Berusia 100 Tahun, Membentang di Atas Lembah Curam Sejajar dengan Grand Canyon di Amerika Serikat 

Saat ini progres pembangunan Masjid Raya Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari berada di kawasan perkantoran Pemerintah. 

Kawasan perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan progres hanya tinggal 30 persen untuk bangunan fisik masjid.

Tidak hanya ditargetkan Bangunan fisik Masjid rampung pada Agustus 2024 melainkan dapat difungsionalkan dengan kegiatan ibadah.

Baca Juga: Pertama Kali Dikunjungi Bupati, Kampung Baru Huberta Banyak Perkembangan

PUPR Kalsel yang akan bangun dan rehab 10 Jalan Lintas Kabupaten, Kabid Cipta Karya, Yulianti mengatakan pembangunan Masjid di perkantoran gubernur yang memakan anggaran dari APBD.

Dengan anggaran dari APBD sebesar Rp121 miliar dengan sistem pengerjaan multiyears alias selama dua tahun dari 2023 sampai 2024.

Dimulai tahun 2023 dianggarkan Rp80 miliar kemudian tahun berikutnya Rp41 miliar dengan luasan areal 11,75 hektare.

Baca Juga: Ilmuwan Muslim pada Masa Bani Abbasiyah, Kunci Jawaban PAI Kelas 8 Halaman 270-273 Rajin Berlatih Bab 10 Bagian 1

Luasan areal 11,75 hektare dan luas bangunan 4.650 meter persegi dan mampu menampung 3.000 orang.

“Bangunan bergaya rumah Banjar, dengan bubungan tinggi dengan luas 4 ribu meter persegi, serta bisa menampung sebanyak 3.000 jemaah,” ujar Yulianti. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat