bdadinfo.com

Diam-diam Sumbar Punya Jembatan Gantung Spektakuler Berusia 100 Tahun, Membentang di Atas Lembah Curam Sejajar dengan Grand Canyon di Amerika Serikat - News

Wisata jembatan gantung di Indonesia yang satu ini melintasi lembah nan asri serta menjadi salah satu akses untuk menuju Ngarai Sianok. Jembatan gantung ini terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat membentang di atas lembah curam.

- Memang Sumatera Barat sejah dahulu kala banyak menyimpan sejuta pesona dari alamnya. Kali ini, ada sebuah jembatan gantung ini yang tertua di Indonesia. jembatan gantung Sianok sudah ada sejak 100 tahun lalu.

Wisata jembatan gantung di Indonesia yang satu ini melintasi lembah nan asri serta menjadi salah satu akses untuk menuju Ngarai Sianok.

Jembatan gantung ini terletak di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat membentang di atas lembah curam.

Baca Juga: Tropicana Slim Terus Ajak Masyarakat Hidup Sehat Lawan Diabetes, Lakukan Edukasi dan Cek Gula Gratis

Jembatan gantung ini menghubungkan kedua daerah yaitu Kota Bukittinggi dengan Kabupaten Agam.

Penyambung jalan ini bernama Jembatan Gantung Ngurai Sianok. Membentang di atas lembah yang curam yaitu Lembah Sianok Maninjau.

bahwa jembatan ini menjadi salah satu jembatan gantung tertua di Indonesia.

Baca Juga: Kabupaten Agam Gelar Forum OPD untuk Penyusunan Renja 2025

Mengingat, konon usianya telah mencapai lebih dari 100 tahun alias 1 abad. Panjangnya mencapai 685 meter dengan tinggi pilar 173,5 meter. Pembuatan jembatan ini dilengkapi dengan menggunakan struktur cable stayed.

Hal yang istimewa dari jembatan ini adalah pemandangannya yang menyajikan panorama keindahan alam yang menakjubkan.

Dengan begitu, jembatan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan, sehingga menjadi salah satu objek wisata di Sumatera Barat.

Baca Juga: Tingkatkan Pengelolaan Pemerintahan, Pemkab Agam Bimtek Sistem Pengendalian Intern

Bahkan tak tanggung-tanggung, keindahan alamnya disejajarkan dengan Fjadrargljufur Canyon di Islandia, Fish River Canyon di Namibia dan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Sehingga para wisatawan tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke luar negeri, karena di Sumatera Barat juga terdapat pemandangan alam yang hampir sama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat