bdadinfo.com

Ingin Tetap Sehat dan Terhindar dari Kecelakaan? Kenali Cara Bijak Bagi Pengendara yang Ingin Melakukan Perjalanan Jauh Saat Mudik - News

Hutama Karya jadi panduan pemudik dalam melintasi JTTS pada mudik Lebaran 2024 (hutamakarya.com)



- Mudik, merupakan suatu tradisi penting dimana semua orang ingin sekali pulang ke kampung halaman masing - masing, untuk bisa menikmati waktu liburan saat Lebaran.

Tradisi ini sudah mengakar di Indonesia, dan terus dipertahankan hingga saat ini, sehingga banyak sekali yang merencanakan momen tersebut sebelum Idul Fitri tiba.

Namun, hal yang menarik dari semua ini adalah, para pengendara baik mobil, truk dan bus apapun, seringkali dihadapkan dengan situasi yang bisa mempengaruhi kesehatan seseorang.

Karena setiap kali ingin melakukan perjalanan jauh, seperti Mudik menjelang Lebaran kadang-kadang bisa mengalami satu fase yang berkaitan dengan Psikologis saat terjadi kemacetan.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Para Calon Pemudik! Kemenhub Membuka Kuota Mudik Gratis Lebaran 2024, Berikut Syarat dan Cara Mendaftarnya

Hal ini, yang membuat kecelakaan, kemacetan dan hal-hal lainnya, bisa terjadi kepada siapa saja termasuk pada saat menempuh perjalanan jauh entah itu lewat jalur darat, laut maupun udara.

Inilah tips penting bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh, agar tetap sehat dan aktif hingga sampai di kampung halaman masing-masing dengan selamat :

Baca Juga: Rahasia Sukses Download Video TikTok Berkualitas Tinggi dengan Snaptik

1. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi.

Saat ingin pulang ke kampung halaman untuk lebaran, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi secara seimbang agar tetap aktif saat ingin melakukan perjalanan jauh.

Makanan yang sehat dan bergizi, akan menjadi sumber energi bagi tubuhmu, sehingga pada saat di perjalanan nanti bisa terhindar dari rasa lemas dan lelah.

Jika ingin berangkat mudik di pagi atau siang hari saat Ramadan, pastikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur harus sesuai.

Jangan pernah menolak untuk makan sahur, karena nanti akan membuat tubuhmu merasa lemas sepanjang hari, dan Jangan sampai perjalanan ke kampung halamanmu terasa tidak nyaman, karena tubuh yang kurang berenergi.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Spain Masters 2024: Komang Ayu Hadapi Ratu Bulutangkis Thailand, Rinov/Pitha Siap Tantang Wakil India

2. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Pahami jika saat perjalanan lebaran nanti, pastikan ketercukupan cairan tubuh selama dalam perjalanan. Jika ingin pergi sebelum hari lebaran, pastikan kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi saat waktu sahur dan berbuka.

Kebutuhan cairan tubuh saat puasa tetap sama dengan hari biasa, yakni tidak kurang dari 2 liter per harinya.

Jika misalnya, ingin pulang ke kampung halaman pasca lebaran, pastikan untuk menyediakan botol air minum yang bisa diminum nantinya dengan mudah selama di perjalanan mudik.

Jangan menahan haus dengan alasan bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil, karena efeknya akan membuatmu merasa lemas saat perjalanan jauh.

Baca Juga: Hasil Perempat Final Spain Masters 2024: Empat Wakil Di Berbagai Sektor Melenggang Mulus ke Babak Semifinal

3. Melakukan Perjalanan Malam.

Mudik di siang hari, saat berpuasa bisa sangat melelahkan karena terkena paparan sinar matahari, dan juga tidak bisa minum atau makan selama perjalanan.

Paparan sinar matahari dan kondisi kekurangan cairan akan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, Terlebih lagi, kadar gula darah ketika puasa cenderung rendah, hingga tubuh merasa mudah lemas.

Untuk itu, cobalah melakukan perjalanan di malam hari, tubuh akan memiliki energi optimal karena baru berbuka, karena selama di perjalanan juga bisa minum atau makan untuk menambah energi agar tidak merasa lemas.

Baca Juga: Tidak Sabar Menunggu Adzan Maghrib Datang, Inilah Jadwal Untuk Berbuka Puasa di Sulawesi Selatan dan Sekitarnya

4. Istirahat saat Lelah

Agar tubuh tetap fit selama mudik adalah, segera beristirahat saat lelah, tujuannya adalah untuk meminimalisasi rasa kelelahan selama berkendara, istirahat selama 15 menit setelah mengendarai mobil selama 4 jam, atau motor selama 2 jam.

Bila sedang mengendarai kendaraan pribadi, lalu merasa lelah atau mulai mengantuk di perjalanan, jangan ragu untuk beristirahat, misalnya berhenti sejenak di rest area.

Segera menepi bila mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi, sering menguap, mengedipkan mata berulang kali, atau kesulitan dalam mengingat rute perjalanan.

Baca Juga: Tidak Bisa Mudik Lebaran 2024? Mari Jelajahi 10 Destinasi Seru di Jakarta Bersama Keluarga Rayakan Kemenangan

5. Kelola Stres selama perjalanan.

Kepadatan lalu lintas selama dalam perjalanan, Juga akan memberikan dampak bagi kesehatan mental, seperti meningkatkan kecemasan, stres, kelelahan, sakit kepala hingga gangguan tidur.

Kelola stres dengan cara merelaksasi seperti bernapas dalam, mengatur tempat duduk menjadi lebih nyaman, dan juga menjalani komunikasi dengan keluarga untuk mencari hiburan semata.

Itulah cara penting yang bisa dilakukan bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh, atau pulang ke kampung halaman masing - masing baik itu menggunakan jalur darat, laut maupun udara.

Kesehatan dan keamanan bagi Pemudik, menjadi prioritas utama untuk bisa menikmati waktu liburan Idul Fitri dengan penuh suka cita, bersenang-senang dan berbahagia.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat