bdadinfo.com

Kota Pekanbaru Ditenggelam Kota Metropolitan Ini, Kabupaten Seluas 632,3 km² Dinobatkan Jadi Ibukota Baru di Provinisi Riau - News

pada 1959, ibukota Riau pindah dari Tanjung Pinang ke Pekanbaru. Kemudian saat ini Tanjung Pinang berubah menjadi ibukota Kepulauan Riau setelah Provinsi Riau lalukan pemekaran wilayah bentuk DOB atau Daerah Otonom Baru Provinsi.

- Kota Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di pulau Sumatra.

Dan termasuk kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi. Pada akhir tahun 2023, jumlah penduduk Pekanbaru sebanyak 1.123.348 jiwa.

Pekanbaru terletak di tepian Sungai Siak dan pada awalnya merupakan sebuah kota kecil yang memiliki pekan (pasar) yang bernama Payung Sekaki atau Senapelan.

Baca Juga: Buka Bersama, Gubernur Tegaskan Peran Strategis LKAAM, MUI dan DMI dalam Mewujudkan Sumbar yang Madani

Pada abad ke-18, wilayah yang kini menjadi Pekanbaru berada pada lingkar pengaruh Kesultanan Siak, dan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Pekan) secara luas dianggap sebagai pendiri kota Pekanbaru modern; hari jadi kota ini ditetapkan pada tanggal 23 Juni 1784.

Pekanbaru menjadi sebuah "kota kecil" pada tahun 1948 dan kotapraja pada tahun 1956, sebelum ditetapkan menjadi ibu kota provinsi Riau sebagai pengganti dari Tanjung Pinang pada tahun 1959.

Perekonomian Pekanbaru didukung oleh perdagangan dan pertambangan minyak bumi. Kota ini memiliki sebuah bandar udara internasional, terminal bus antar kota dan antar provinsi, serta dua pelabuhan.

Populasi Pekanbaru bersifat kosmopolitan, dipengaruhi oleh letak strategisnya di tengah-tengah Lintas Timur Jalan Raya Lintas Sumatra.

Beberapa etnis yang memiliki populasi signifikan di kota ini antara lain adalah suku Melayu, Minangkabau, Orang Ocu, Jawa, Batak, dan Tionghoa.

Baca Juga: Pemprov Sumbar Alokasikan Anggaran Rp137 Miliar Atasi Permasalahkan Jalan Rusak

Akhirnya Provinsi Riau pindah ibukota di wilayah seluas 632,3 km², keputusan ini secara penuh disetujui oleh Pemerintah Pusat.

Daerah yang dipilih jadi ibukota baru di Provinsi Riau sudah berdiri sejak tahun 1784, maka hingga kini wilayah ini berusia sekitar 237 tahun.

Ibukota baru provinsi Riau pun merupakan wilayah yang menjadi sentral terbesar tingkat pertumbuhan migrasi dan urbanisasi.

Maka, tak heran jika ibukota baru Provinsi Riau ini diakui sebagai kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Pulau Sumatera pada tahun 2014.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat