bdadinfo.com

5 Masjid Tercantik di Sumatera Barat Ini Cocok untuk Rayakan Lebaran Idul Fitri 2024: Ada yang Diresmikan Langsung oleh Imam Masjidil Haram Mekkah! - News

Salah satu masjid tercantik yang ada di Sumatera Barat yang cocok untuk rayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024. (Instagram: alkarima_)

- Menjelang momen Hari Raya Idul Fitri tahun 2024, sejumlah masjid di Sumatera Barat berikut ini cocok menjadi pilihan untuk melaksanakan Salat Id.

Provinsi SUmatera Barat memang memiliki sejumlah bangunan masjid yang ikonik dengan desain menarik yang tidak biasa.

Akan tetapi, 5 (lima) masjid di Sumatera Barat di bawah ini merupakan beberapa masjid yang tercantik yang di berdiri di tanah Minang.

Baca Juga: Dekati Akhir Pembangunan, NTB Sebentar Lagi Bakal punya Bendungan Raksasa di Daerahnya: Jadi Proyek Paling Mahal Bagian Timur Indonesia?

Bahkan salah satu diantara masjid yang ada, bangunannya diresmikan langsung oleh Imam Masjidil Haram di Kota Mekkah, Arab Saudi.

Berikut lima masjid tercantik di Sumatera Barat yang cocok untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2024:

  1. Masjid Jami Hasanuddin Sabbihisma Padang Pariaman

Masjid yang berlokasi di Nagari Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat ini merupakan masjid yang diresmikan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah pada Jumat 10 Maret 2023.

Baca Juga: Asyik! Mudik Lebaran Idul Fitri 2024 Tol Terbaru Sumatera Utara ini Dibuka Gratis sampai Arus Balik Nanti: Catat Tanggalnya

Biaya pembangunan masjid ini diperkirakan menelan dana sebesar Rp55 miliar. Luas masjid ini mencapai 2,8 hektar. Namun, yang digunakan untuk masjid dan fasilitas pendukung lainnya baru 1,4 hektar.

  1. Masjid Raya Bayur Maninjau 

Masjid Raya Bayur Maninjau adalah salah satu masjid yang ada di Sumatera Barat yang terletak di Nagari Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Masjid yang dibangun pada awal abad ke-20 ini dibangun tidak begitu jauh dari jalan raya yang menghubungkan Lubuk Basung dengan Kota Bukittinggi. 

Baca Juga: Jalan Tol dari Medan-Kisaran Buka 24 Jam, Dulu Mudik Lebaran 5 Jam Lebih Sekarang Cuma 150 Menit Sudah Sampai: Gratis Melintas!

Renovasi masjid dapat diselesaikan, arsitektur masjid ini memadukan bentuk pagoda yang ada di Thailand dan bentuk atap gonjong yang ada pada rumah adat Minangkabau.

  1. Masjid Samudra Ilahi Painan 

Masjid ini diresmikan pada tanggal Jumat 5 Februari 2021 oleh mantan bupati Pesisir Selatan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat