bdadinfo.com

Harga Tiket Bus Murah Mudik Lebaran 2024 Rute Padang-Jakarta Jadwal Keberangkatan Tanggal 12-14 April 2024, Buruan! Nanti Ludes - News

Perusahaan bus NPM ini didirikan oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang ini berbasis di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Kini perusahaan keluarga tersebut dikelola oleh generasi ketiga yaitu Angga Vircansa Chairul.

- PT Naikilah Perusahaan Minang (disingkat NPM) adalah perusahaan bus yang berasal dari Kota Padang Panjang, Sumatera Barat.

Perusahaan bus ini didirikan pada tanggal 1 November 1937, yang merupakan salah satu perusahaan bus tertua di Pulau Sumatra yang masih beroperasi hingga kini, setelah melewati berbagai perkembangan teknologi.

Perusahaan bus NPM ini didirikan oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang ini berbasis di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Kini perusahaan keluarga tersebut dikelola oleh generasi ketiga yaitu Angga Vircansa Chairul.

Baca Juga: Gemerlapnya Infrastruktur! Sulawesi Barat Punya Bendungan Baru Sekaligus yang Pertama Senilai Rp1,02 triliun untuk 3.577 hektare

Pada masa-masa awal, NPM hanya melayani beberapa trayek antarkota dalam provinsi Sumatera Barat. Beberapa puluh tahun kemudian berkembang dengan membuka rute ke berbagai kota di pulau Sumatra.

Pada dekade 1980-an, NPM mulai menjalani trayek ke pulau Jawa. Dari Sumatera Barat, NPM memulai pemberangkatan ke berbagai jurusan di pulau Jawa dari beberapa kota, seperti Padang, Bukittinggi, Pariaman, Payakumbuh, dan lainnya.

Pada puncak kejayaannya, dari dasawarsa 1980-an hingga awal 2000-an, jaringan trayek NPM membentang mulai dari Medan, Pekanbaru, Dumai, Jambi, Bengkulu, Palembang.

Baca Juga: Flyover Super Megah dan Jadi yang Termahal di Sumatera Barat! Dengan Rp2,824 Triliun Siap Gerus Jalan Terekstrem Padang-Solok

Dan Bandar Lampung di pulau Sumatra, hingga Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung di pulau Jawa. NPM juga melayani trayek utama di Sumatera Barat, yaitu Padang-Bukit Tinggi.

Awal tahun 2020 lalu, NPM bekerjasama dengan PO Haryanto dan Sumber Alam memfasilitasi penumpang yang akan menuju ke Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur melalui tiket terusan.

Penumpang NPM dari pulau Sumatra yang bertujuan ke Jawa Tengah bagian utara dan Jawa Timur nantinya akan ditransit atau dioper ke bus PO Haryanto.

Baca Juga: Baznas Salurkan Zakat Fitrah kepada 500 Mustahik di Padang Panjang

Sedangkan penumpang yang bertujuan ke Yogyakarta dan Jawa Tengah bagian selatan akan dioper ke Sumber Alam begitupun sebaliknya.

Sebelum adanya layanan low cost carrier dari berbagai maskapai penerbangan, jasa transportasi penumpang Sumatra–Jawa didominasi oleh angkutan bus antarkota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat