bdadinfo.com

Lagi Viral dan Hits! Lokasi Wisata di Solok Selatan yang Bikin Wisatawan Tidak Bisa Melupakan, Nomor. 1 Lokasi Syuting Film Di Bawah Lindungan Kabah - News

Kabupaten Solok Selatan adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat memiliki lokasi wisata yang sangat indah dengan panorama alam yang asri.

 - Lagi Viral dan Hits! Lokasi Wisata di  Solok Selatan Yang Bikin Wisatawan Tidak Bisa Melupakan, Nomor. 1 Lokasi Syuting Film Di BawahLindungan Kabah.

Memang, Kabupaten Solok Selatan adalah sebuah wilayah kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Sumatera Barat, Indonesia dekat dengan Gunung Kerinci.

Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km².

Baca Juga: Hadiri Halal Bihalal dan Serahkan Bansos, Wako Padang Hendri Septa Sebut Koto Tangah Banyak Potensi Dikembangkan

Secara administratif, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur: Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya.

Pusat pemerintahan Solok Selatan terletak di Padang Aro, sekitar 161 km dari pusat Kota Padang.

Meskipun Solok Selatan baru diresmikan pada tahun 2004, bersama dengan Kabupaten Pasaman Barat dan Dharmasraya, wacana pembentukan kabupaten yang meliputi sebagian wilayah Solok Selatan saat ini telah ada sejak tahun 1950-an.

Solok Selatan wilayahnya mencakup kaki pegunungan Bukit Barisan di barat dan dataran rendah yang lebih luas di Timur.

Saat ini Solok Selatan dihadapkan dengan permasalahan lingkungan yang kompleks. Praktik penebangan liar di kawasan hutan dan penambangan emas ilegal di sepanjang aliran Batang Hari dan Batang Sangir secara besar-besaran masih terus terjadi.

Wilayah Kabupaten Solok Selatan terletak pada ketinggian 350–430 meter di atas permukaan laut.

Luas wilayahnya mencapai 359.013 Ha, yang terdiri dari 150.532 Ha kawasan hutan lindung (41,93%) dan 208.481 Ha (58,07%) kawasan budidaya. Bentang alamnya bervariasi antara dataran rendah, perbukitan, dan dataran tinggi yang merupakan rangkaian dari pegunungan Bukit Barisan.

Secara topografis, solok Selatan di bagian timur kabupaten ini merupakan kawasan dataran tinggi yang relatif bergelombang mulai dari Lubuk Malako di Kecamatan Sangir Jujuan ke arah utara sampai ke wilayah Kecamatan Sangir Batanghari.

Baca Juga: Kabupaten Melawi Mulai Ukir Sejarah! Nonstop Tanpa Dimatikan Listrik Selama 24 Jam Bikin Warga Jadi Senyum di Desa

69,19% dari wilayah Solok Selatan memiliki kemiringan di atas 40 derajat yang tergolong sangat curam dan rawan terhadap bahaya longsor dan hanya sekitar 15,02 yang tergolong datar dan landai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat