bdadinfo.com

Indonesia Kembali Berduka! Malaysia Mencuri Harta Karun yang Berlimpah di Pulau Bangka dan Dijual Di Pasar Gelap Internasional - News

Isu bocornya produksi timah Indonesia ke negara tetangga, Malaysia. Isu tersebut mencuat pasca produksi timah dari Indonesia menurun dan meningkatnya produksi di Malaysia.

 - Terkait harta karun yang berlimpah di Pulau Bangka kembali mencuat ke publik. Kali ini, Kegiatan penambangan timah telah memberikan konstribusi yang begitu besar dalam pengembangan perekonomian di P. Bangka.

Memang, pada sisi lain telah terjadi pencemaran dan kerusakan lingkungan pada areal lahan pasca tambang dan lingkungan sekitamya.

Maraknya kegiatan Tambang Inkonvensional (TI) semakin memperparah kerusakan lingkungan yang terjadi.

Baca Juga: Seorang Lansia Hilang Setelah Mengikuti Pengajian di Nagari Pakan Sinayan Agam

PT. Timah Tbk adalah salah satu dari 2 perusahaan besar yang melakukan penambangan timah di Pulau Bangka.

Sebelum tahun 1998, reklamasi lahan yang dilakukan oleh PT. Timah Tbk dapat berjalan.

Namun kebijakan reklamasi tersebut dihentikan, dengan alasan akan dirambah/dibongkar TI kembali.

Data PT. Timah Tbk menyebutkan sampai saat ini sekitar 5700 ha lahan pasca tambang belum direklamasi.

Jumlah ini belum mempertimbangkan pencemaran yang berakibat pada lingkungan sekitar dan juga kerusakan akibat TI.

Informasi aman tidaknya lahan pasca tambang timah untuk pertanian pangan dan budidaya perikanan. Menndapatkan gambaran mengenai persepsi dan keinginan masyarakat untuk pemanfaatan lahan pasca tambang timah.

Lahan pasca tambang berupa hamparan tailing dan kolong tidak aman untuk budidaya tanaman pangan dan budidaya perikanan darat. Persepsi masyarakat luas mengenai pemanfaatan lahan pasca tambang timah keliru.

Baca Juga: Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Padang Pamit di Momen Peringatan Hari Kartini

Penambangan timah merupakan cikal bakal berdirinya PT TIMAH Tbk. Usaha penambangan timah sudah dimulai sejak masa penjajahan di wilayah Bangka, Belitung dan Singkep.

Usaha tersebut terus berlanjut sampai sekarang. Saat ini, segmen penambangan timah tidak hanya terbatas pada kegiatan penambangan, tapi juga sudah terintegrasi dari hulu ke hilir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat