bdadinfo.com

Kabupaten Lumajang Juaranya! Ajang Kompetisi Dunia ‘World Water Forum’ ke 10, Jawa Timur Berhasil Bikin Terobosan Terbesar di Kecamatan dan Desa... - News

Kompetisi Mega proyek, Kab.Lumajang (Freepik)

- Terobosan baru datang dari Provinsi Jawa Timur yang telah berhasil memiliki potensi alam teramat besar di Kabupaten Lumajang

Desa Sombo Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memiliki potensi sumber daya alam yang besar. 

Sampai saat ini, Desa Sombo tidak pernah mengalami kelangkaan air dan mampu menyuplai air bersih untuk dua desa tetangga.

Baca Juga: Saingi Freeport, Timbunan Emas dan Tembaga Melimpah di Jawa Timur Tersimpan di Kabupaten Ini

Dalam konteks perlindungan sumber mata air, Samad menjelaskan, berbagai langkah perlindungan telah diambil untuk memastikan kelimpahan air tetap berkelanjutan.

"Desa Sombo memiliki keberuntungan karena memiliki sumber air yang melimpah. Selama saya menjabat sebagai Kepala Desa,” ujar Samad. 

“Kami belum pernah mengalami krisis air, apalagi sampai kekeringan. Bahkan, kami dapat memberikan bantuan air bersih untuk dua desa lain di sekitar,”

Baca Juga: Jembatan Sepanjang 1,3 KM di Sulawesi Tenggara Diresmikan, Jarak 2 Kota Setara 3 Menit Saja

“Ini adalah anugerah yang patut disyukuri," tutur Kepala Desa Sombo, Samad dalam keterangannya saat kegiatan aksi tandur bareng di Desa Sombo pada Senin 6 Mei 2024.

"Kami melakukan upaya yang berkelanjutan untuk melindungi sumber mata air. Air yang mengalir dari sumber mata air di Sombo,”

“bukan hanya menyokong kebutuhan Desa Sombo sendiri, tetapi juga memberi bantuan kepada masyarakat di dua desa sekitar," ujar Samad.

Baca Juga: Sumbar Sang Pulau Emas! Punya Harta Karun Emas Murni yang Sangat Melimpah Bisa Menghasilkan 50 Kg Jika Diuangkan Sekitar Rp25 Miliar Setiap Hari

Pengelolaan sumber daya air di Desa Sombo yang berkelanjutan sejalan dengan pembahasan di World Water Forum ke-10 yang digelar pada 18--25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali. 

Dalam forum internasional membahas air itu, Indonesia yang akan menunjukkan praktik baik pengelolaan air di Nusantara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat