bdadinfo.com

Bukan Hanya Kongo dan Papua! Ini 5 Wilayah di Indonesia Punya Gunung Emas Terbesar di Dunia, Nomor. 1 Gunung Emas di Sumbar Jadi Incaran Negara Eropa - News

Ternyata Bukan Hanya Kongo dan Papua! Ternyata ada 5 wilayah di Indonesia yang mempunya gunung emas terbesar di dunia paling diincar para pemburu harta karun di mancanegara.

- Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), pada 2023 Indonesia memiliki volume cadangan emas 2.600 metrik ton. Porsinya mencapai 4,4% dari cadangan emas global yang totalnya 59.000 metrik ton.

Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara pemilik cadangan emas terbesar ke-6 di dunia.

Saat ini, Indonesia memproduksi sekitar 4% dari produksi emas global, setengahnya berasal dari pertambangan raksasa Grasberg, tambang emas terbesar di dunia, di wilayah barat Pulau Papua.

Baca Juga: Misteri Keangkeran Gedung Tua Kantor Pos Medan: Genderuwo, Buto Ijo, Golongan Bangsa Jin, Siluman Berbagai Macam Bentuk Gentayangan

Tambang ini, yang diyakini memiliki cadangan emas terbesar di dunia (67,4 juta ons), dimiliki secara mayoritas oleh perusahaan Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc yang bermarkas di Amerika Serikat (AS).

Dan menjadikan perusahaan ini pembayar pajak terbesar kepada Pemerintahan Indonesia. Namun, banyak ketegangan mengelilingi aktivitas-aktivitas di pertambangan ini.

Wajar saja kalau negara-negara Eropa tak ingin melihat Indonesia maju. Berbagai cara pun ditempuh untuk menjadikan Indonesia tetap menyandang status negara berkembang.

Sebab, negara-negara Eropa tahu betul kalau Indonesia meguasasi berbagai sumber alam berlimpah. Mulai dari tabang gas, minyak, batubara, emas, bouksit, timah, nikel sampai uranium.

Eropa tahu betul kalau Indonesia tercatat sebagai negara pemilik cadangan emas terbesar ke-6 dunia.

Bukan hanya itu, tambang emas terbesar dunia berasal dari tanah air, yakni Holding BUMN Pertambangan MIND ID.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso. menyebutkan sejumlah anak perusahaan MIND ID yang bergerak dalam pertambangan emas yakni PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Freeport Indonesia.

Baca Juga: Raffi Ahmad Diisukan Jadi Menteri, Selebriti Multitalenta Menuju Panggung Politik?

Bukan hanya emas, MIND ID juga tercatat sebagai produsen bijih nikel terbesar nomor empat terbesar, tambang terbesar ke-3 dan menduduki peringkat ke-2 dunia untuk produsen timah.

"Grup MIND ID beroperasi di 17 provinsi di Indonesia dan secara global menempati peringkat ke-4 sebagai produsen bijih nikel terbesar di dunia, tambang emas terbesar ke-1 di dunia, tambang tembaga terbesar ke-3 di dunia, dan produsen timah terbesar ke-2 di dunia," beber Hendi dalam acara ASEAN Energy Business Forum yang dilaksanakan di Nusa Dua, Bali, pekan lalu.

Hendi menjelaskan langkah MIND ID berikutnya adalah mengamankan sejumlah mineral. Termasuk lithium, yang digunakan untuk bahan baku baterai kendaraan listrik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat