bdadinfo.com

Sumatera Barat Dijuluki Gunung Emas! Punya Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda 150 Tahun Lalu Terletak di Pesisir Selatan Takkan Habis Ditelan Zaman - News

 Tambang Gunung Arum, yang terletak di Desa Salido Ketek, Nagari Tambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi bukti nyata dari kekayaan sejarah Indonesia.

- Tambang Salido atau Tambang Gunung Arum merupakan tambang emas tertua di Indonesia yang terletak di Desa Salido Ketek, Nagari Tambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Di Desa Salido Ketek ini pernah beroperasi sebuah pertambangan emas yang dikelola oleh VOC atau Belanda selama lebih kurang 150 tahun.

Di daerah tersebut juga ditemukan bangunan berupa 300 anak tangga yang menuju perbukitan dan terowongan sepanjang 300 meter peninggalan Belanda.

Baca Juga: Orang Inggris Turun Gunung, Menggali Lokasi Harta Karun Gunung-gunung yang Menyimpan Berton-ton Kepingan Emas Murni di Perut Bumi Bengkulu

Pulau Sumatra sejak dahulu dikenal dengan nama Svarnadwipa, bahasa Sanskerta (Pulau Emas) yang diduga sebagai Ophir atau Gunung Emas.

Catatan mengenai Ophir bermula dari seorang penyair kebangsaan Portugis yang bernama Luiz de Camoens (1524-1580) dalam puisinya Os Lusiadas. Sumber tersebut didapat dari kabar informasi yang dibawa oleh pelaut-pelaut Arab yang ditemuinya.

Pada tahun 1662, akhirnya Belanda melalui VOC berhasil menduduki Desa Salido Ketek untuk keperluan berdagang di pantai barat Sumatera sehingga perlahan-lahan. 

VOC membangun infrastruktur berupa benteng di Pulau Cingkuk sebagai penunjang kegiatan dagangnya dan benteng pertahanan di Sumatera Barat.

Di bawah pimpinan Commandeur Jacob Joriszoon Pits (1557- 1678), VOC mengeksplorasi pertambangan emas di Desa Salido Ketek. Heeren XVII mengirim dua geologisnya untuk meneliti kandungan emas tersebut.

Selanjutnya, VOC mendatangkan tenaga kerja paksa yang dibawa dari Madagaskar, juga tawanan perang dari daerah sekitar sana untuk mengeksploitasi kandungan emas pada tahun 1669.

Titik Lokasi Harta Karun Peninggalan Zaman Belanda 150 Tahun Lalu di Pesisir Selatan yang Dijuluki Gunung Emas.

Baca Juga: Daftar Gunung-gunung Emas di Bengkulu Menyimpan Berton-ton Emas Takkan Habis Sepanjang Masa, Kalahkan Gunung Emas Kongo dan Pegunungan Papua

Di tengah gemuruh zaman, keberadaan Tambang Gunung Arum, yang terletak di Desa Salido Ketek, Nagari Tambang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi bukti nyata dari kekayaan sejarah Indonesia.

Tambang ini, yang juga dikenal dengan sebutan Tambang Salido, menjelma menjadi simbol kejayaan masa lalu yang terpatri dalam sejarah tambang emas di Nusantara.

Perjalanan panjang Tambang Gunung Arum sebagai tambang emas tertua di Indonesia menandai rentetan cerita epik perjuangan dan ketekunan manusia dalam mengejar impian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat