bdadinfo.com

Orang Inggris Turun Gunung, Menggali Lokasi Harta Karun Gunung-gunung yang Menyimpan Berton-ton Kepingan Emas Murni di Perut Bumi Bengkulu - News

penimbun emas ini mencapai 90 ribu hektare. Hal ini dibuktikan dari hasil survei awal tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces.

- Bukan hanya di Kongo. Ternyata Provinsi Bengkulu, khususnya di Kabupaten Seluma, ternyata menyimpan kandungan emas lebih dari Papua.

Karena luas wilayah penimbun emas ini mencapai 90 ribu hektare. Hal ini dibuktikan dari hasil survei awal tim ahli geologi berbendera Berick dari Inggris menunjukkan potensi kandungan emas melebihi satu juta ounces. Dalam hitungan kasar, satu ounces setara dengan 280 gram.

Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Oktaviano, menyatakan perkiraan potensi itu berdasarkan hasil survei di luar kawasan hutan lindung yang berbatasan dengan Taman Nasional Bukit Barisan saja.

Baca Juga: Daftar Gunung-gunung Emas di Bengkulu Menyimpan Berton-ton Emas Takkan Habis Sepanjang Masa, Kalahkan Gunung Emas Kongo dan Pegunungan Papua

Sudah menjadi rahasia umum, jika Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu besar, salah satunya ada di daerah Bengkulu.

Baru-baru ini, ditemukan tambang emas di Bengkulu yang diperkirakan akan menyaingi PT Freeport. Sebab, cadangan emas di Bengkulu ini diperkirakan sampai dengan 1 juta ons.

Sehingga potensi emas di Bengkulu ini disebut-sebut dapat saingi PT Freeport yang merupakan salah satu satu perusahaan tambang terkemuka di dunia.

Baca Juga: Waspadai Kelangkaan Bahan Kebutuhan Pokok, Plh Wali Kota Padang Pimpin Rakor TPID

Namun, hingga saat ini tambang emas di Bengkulu masih dalam pengurusan izin Amdal yang dilakukan oleh PT Energi Swa Dinamika Muda (ESDM).

ESDM sendiri memiliki lahan seluas 30 hektar di Kabupaten Seluma yang status eksplorasinya sudah ada sejak tahun 2010 lalu.

Sebagai informasi ada tiga wilayah yang berpotensi menjadi tambang emas di Bengkulu, yakni berada di wilayah Ulu Alas, Ulu Talo, dan Lubuk Resam dan diproyeksikan akan menghasilkan emas dalam jumlah besar.

Baca Juga: Plh Wako Padang Kirim Bantuan Personil Bantu Daerah Terdampak Bencana

Melansir dari beberapa sumber, Bengkulu memang sebenarnya sudah memiliki pertambangan emas, yaitu tambang emas yang terletak di Lebong Tandai yang sudah dimulai sejak dekade awal abad ke-20.

Untuk cadangan emas di Bengkulu yang terletak di kabupaten Seluma ini terdeteksi sebanyak 1 juta ons pada tahun 2016 lalu.

Satu juta ons sama dengan 280 gram/1 ons dalam hitungan kasarnya. Namun setelah dilakukan penelitian, daerah ini berpotensi untuk menghasilkan emas mencapai 10 hingga 20 kali lipat dari perkiraannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat