bdadinfo.com

Tidak Terlupakan! Akhirnya Baru Resmi PSN, Papua Barat Segera Dimulai Pembangunan Kawasan Industri Termegah dan Pertama Demi Kebutuhan Pangan - News

Kawasan Industri, Papua Barat  (Freepik)

- Kabarnya konstruksi Kawasan Industri termegah dan baru yang ada di Papua Barat baru saja diresmikan sebagai PSN dan akan dimulai konstruksinya.

Kawasan Industri Pupuk Fakfak ini membutuhkan percepatan pada proses pelepasan kawasan hutan dan kompensasi hak ulayat di area seluas sekitar 500 hektare.

Presiden Jokowi menyambut baik pembangunan kawasan agar kawasan timur Indonesia memiliki industri pupuk sendiri.

Baca Juga: Venezia vs Palermo: Jay Idzes Cs Berhasil Melaju ke Final Play-Off Serie B, Selangkah Lagi Tembus Serie A Musim Depan

Selanjutnya Jokowi menilai proyek kawasan industri pupuk tersebut dilakukan di Kabupaten Fakfak karena dekat dengan sumber suplai gas.

Sumber suplai gas dan ke depannya bisa mendukung rencana besar pembangunan lumbung pangan di Papua.

“Sudah 40 tahun kita memiliki lima industri pupuk, semuanya berada di kawasan barat wilayah negara kita Indonesia, yang kawasan timur belum ada sama sekali,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Soal Penilaian Bab 5 dan Kunci Jawaban Agama Buddha Kelas 4 SD Halaman 150-152 Semester 2 Kurikulum Merdeka

“Kalau itu dimulai tidak di-back up oleh industri pupuknya, ini juga akan berat. Oleh sebab itu, ini sudah sebuah rencana besar,”

“Saling mendukung, dan kita harapkan tanah Papua semakin makmur dan sejahtera,” jelas Jokowi.

Selain memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Papua serta menyuplai pupuk untuk lumbung pangan yang sudah direncanakan.

Kawasan Industri Pupuk Fakfak ini juga dinilai bisa menopang kebutuhan pupuk di wilayah timur Indonesia meliputi Maluku dan Maluku Utara.

Baca Juga: Pembangunan IKN Tahap 1 Hampir 80 Persen Rampung! Intip Kecanggihan Istana Negara dengan Kaca Anti Peluru, Desain Garuda Megah, dan Teknologi Terdepan

Sebabnya Jokowi mendorong agar pembangunan konstruksi kawasan segera dilaksanakan dan bisa dirampungkan pada tahun 2038. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat