bdadinfo.com

Dibuka Pj Wako Padang, MTQ Bungtekab Usung Tema Merajut Generasi Qurani Berilmu Ilmiah dan Beradat ABS-SBK - News

Dibuka Pj Wako Padang, MTQ Bungtekab Usung Tema Merajut Generasi Qurani Berilmu Ilmiah dan Beradat ABS-SBK (Humas Pemko Padang )

- Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-41 Tingkat Kecamatan Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) Tahun 1445 H/2024 di halaman Kantor Kecamatan Bungtekab, Rabu, 29 Mei 2024.

Lomba keagamaan yang diikuti para qari dan qariah antar kelurahan se-Kecamatan Bungtekab itu, mengusung tema "Merajut Generasi Qurani Berilmu Ilmiah dan Beradat Adat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK)".

Andree Algamar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas digelarnya lomba keagamaan tersebut.

Baca Juga: Andree Harmadi Algamar Lantik Yosefriawan Sebagai Pj Sekda Kota Padang

"Semoga melalui MTQ yang rutin digelar setiap tahunnya ini menyemarakkan syiar Islam dan semakin menguatkan Kota Padang sebagai kota yang qurani," harapnya.

Andree Algamar menjelaskan, pelaksanaan MTQ ini bertujuan untuk mendukung terus lahirnya qari dan qariah terbaik di Kota Padang.

"Hal ini dimulai dari MTQ tingkat kecamatan ini. Qari-qariah terbaik insya Allah akan dipilih mewakili kecamatannya untuk mengikuti perlombaan MTQ di tingkat kota. Bahkan bisa saja mewakili provinsi tampil di tingkat nasional nantinya," jelasnya.

Baca Juga: Vanny Andree Algamar Resmi Jabat Pj Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kota Padang

Lebih jauh Pj Wali Kota Padang ini menambahkan, untuk mewujudkan generasi muda yang qurani dan berkarakter mulia di Kota Padang, Pemko Padang sejatinya telah meluncurkan banyak program keagamaan bagi generasi muda.

"Selain MTQ, kita komit menggelar Pesantren Ramadhan setiap tahunnya yang sudah berjalan 20 tahun. Kemudian mewajibkan peserta didik tingkat SD dan SMP hafal Alquran Juz 30 (juz amma), wirid remaja, didikan subuh dan masih banyak lagi lainnya," pungkas Pj Wako didampingi Kabag Kesra Jasman dan Camat Bungtekab Harnoldi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana MTQ Nasional Ke-41 Tingkat Kecamatan Bungtekab Fadli Dermawan menyebutkan, pelaksanaan MTQ berlangsung selama 29 dan 30 Mei 2024 dengan diikuti 164 kafilah perwakilan dari 6 kelurahan se-Kecamatan Bungtekab.

"Untuk kategori cabang perlombaan di antaranya terdiri dari cabang Tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, lalu Tartil dasar, menengah dan umum, serta MSQ, Khutbah Jumat dan Tahfiz," sebut Fadli.

Dalam kesempatan itu hadir Ketua Harian LPTQ Kota Padang Wardas Tanjung, perwakilan Kemenag Kota Padang, unsur Forkopimca Bungtekab dan elemen masyarakat se-Kecamatan Bungtekab. Selain itu juga tampak sejumlah pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat