bdadinfo.com

Sejarah Jembatan Ampera Tergeser! Palembang Punya Jembatan Baru Terpanjang di Indonesia Telan Uang Rp22,16 Triliun - News

Jembatan Musi V di Palembang ini dikabarkan akan menggeser posisi Ogan dan menduduki posisi sebagai jembatan tol terpanjang di Indonesia.

- Sejarah panjang pembangunan jembatan Ampera atau Amanat Penderitaan Rakyat adalah sebuah jembatan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia yang telah sangat dikenal di Indonesia.

Jembatan Ampera, yang telah menjadi semacam lambang kota, terletak di tengah-tengah Kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan Ampera merupakan ikon kota Palembang yang paling terkenal.

Baca Juga: Idul Adha 1445H: Menggali Makna Pengorbanan dan Kepedulian dalam Menyemarakkan Semangat Berkurban dan Kebersamaan Umat Islam

Panjang Jembatan Ampera 1.117 m, lebar 22 m (bagian tengah 71,90 m, berat 944 ton dan dilengkapi pembandul seberat 500 ton), semua bagian tengah bisa diangkat agar kapal-kapal besar bisa lewat namun sejak tahun 1970 bagian tengah sudah tidak dapat diangkat lagi.

Bandul pemberatnya pada tahun 1990 dibongkar karena dikhawatirkan dapat membahayakan. Tinggi jembatan ini 11,5 m dari atas permukaan air, tinggi menara 63 m dari permukaan tanah dan jarak antara menara 75 meter.

Jembatan Musi V merupakan rangkaian dari Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Tol Kapal Betung).

Jembatan Musi V ini berada di Kecamatan Gandus dan rencananya berjarak 2,3 km dari ramp keluar/masuk tol dimana ramp tersebut terletak di Jl. Sosial yang terhubung ke Jl. Lettu Karim Kadir.

Setelah Jalan Tol Kapal Betung beroperasi diperkirakan akan berdampak pada tingkat layanan jaringan jalan lokal di Kecamatan Gandus.

Pemprov Sumsel hingga kini masih memfokuskan pembangunan Jembatan Musi V yang ditargetkan rampung pada Agustus 2023 mendatang. Jembatan Musi V sendiri berada di jalur tol Palembang-Betung.

Baca Juga: Program Mantri Jalan! Bisa Lapor Jalan Rusak, Wali Kota Cilegon Anggarkan Rp7 M Janji Jalan Rusak Cepat Diperbaiki

seandainya beberapa jembatan yang telah dibangun diantaranya Ampera, Jembatan Musi II, Musi IV, Musi VI, dan Musi V yang sebentar lagi akan rampung, cukup untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas masyarakat, akan lebih baik uang yang ada digunakan untuk keperluan yang lain.

Palembang, Sumatera Selatan, bakal miliki jembatan terowongan dalam air terpanjang di Indonesia.

Rencananya, Jembatan Musi III akan dibangun melintasi kawasan Pulau Kemaro yang menghubungkan Sungai Gerong Pertamina Plaju untuk di Ulu, dan Sungai Batang Kalidoni untuk di wilayah Ilir.

Diwacanakan, Jembatan Musi III akan dibangun dengan sistem imersed tunnel, atau jembatan terowongan di dalam air. Artinya, Jembatan Musi III bakal membelah Ulu dan Ilir melalui jalur di bawah Sungai Musi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat