bdadinfo.com

Masyarakat Jambi Semangatnya Berapi-api! Jalan-jalan Antar Provinsi Sumatera Barat-Riau Bisa Hemat BBM Via Jalan Tol Jambi-Rengat Cuma Beberapa Jam - News

pembangunan jalan tol Jambi Rengat, karena selain untuk menghubungkan dua provinsi yaitu Jambi dan Riau, maka bisa dengan mudah menghubungkan dengan antar Provinsi lain seperti Sumatera Barat.

- Progres proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada ruas tol Jambi – Rengat masih dalam tahap penyiapan dokumen kontruksi dan pembebasan lahan.

Pembebasan lahan pembangunan jalan tol Jambi – Rengat ini untuk di Provinsi Jambi mulai dari Kabupaten Muaro Jambi hingga Tanjab Barat.

Terkait, pembebasan lahan jalan tol Jambi – Rengat ini wilayah terpanjang yang terdampak adalah Kabupaten Tanjab Barat sepanjang 79,6 kilometer.

Baca Juga: Gosip IKN Dahsyat! Menggali Rancangan Proyek Raksasa Ibu Kota Nusantara dari Sudut Pandang dan Kacamata dari Gadis Cantik Kader DPC GMNI Samarinda

Akibatnya terdapat lima Kecamatan di Kabupaten Tanjab Barat terdampak pembangunan jalan tol Jambi – Rengat yaitu Muara Papalik, Tebing Tinggi, Tungkal Ulu, Batang Asam, dan Senyerang, dengan rencana exit tol di Desa Dusun Mudo Merlung.

Biasanya, warga yang terdampak ini menerima uang ganti untung dari pihak pengembang jalan tol atas akuisisi lahan.

Adanya program ganti untung dari Pemerintah dari pembangunan jalan tol ini, tak sedikit warga mengalami lonjakan kekayaan yang tiba-tiba menjadi miliarder, seiring dengan sejauh mana lahan mereka terdampak.

Maka dari itu, warga dari lima kecamatan ini siap mengalami peningkatan kesejahteraan yang signifikan akibat adanya pembebasan lahan jalan tol Jambi - Rengat.

Dalam hal ini, Ibnu memastikan bahwa kekhawatiran tentang pembiayaan pembangunan infrastruktur Jalan tol Jambi – Rengat tidak perlu dicemaskan.

Setelah akuisisi lahan selesai, tahap-tahap berikutnya dan tahap lelang proyek akan menyusul.

Diketahui, Proyek jalan tol ini memiliki total panjang 198 km, dengan sebagian besar, yaitu 116,5 km, berada di Provinsi Jambi, sementara sisanya berada di wilayah pembangunan Riau.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berikan 68 Ekor Sapi Kurban pada Perayaan Idul Adha 2024, Beratnya Ada yang 1 Ton

Jalan tol ini telah mendapatkan Pembiayaan pembangunan Jalan tol Jambi – Rengat yang dijamin oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), dengan perkiraan mencapai Rp23 triliun.

Ibnu menyampaikan harapannya bahwa kesepakatan kerja sama proyek Jalan Tol Jambi – Rengat ini dapat tercapai sebelum berakhirnya masa jabatan Presiden Joko Widodo pada tahun 2024.

Menurut Kepala Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi, Ibnu Kurniawan menyatakan bahwa proyek jalan tol Jambi - Rengat sedang berlangsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat