bdadinfo.com

Meski Riau Masih Bau Kencur Tapi 10 Ribu Lebih Pengendara Serbu Jalan Tol Pekanbaru-XIII Kampar Nyaris Kalahkan Tol Pekanbaru-Dumai - News

Tol Pekanbaru - XIII Koto Kampar ternyata tak kalah padat dengan tol Pekanbaru - Dumai saat libur Idul Adha. Jika pada tanggal 15 Juni 2024.

- Pasca diresmikan Presiden Joko Widodo Jalan Tol yang menghubungkan Riau-Sumatera Barat di Kabupaten Kampar, Riau Jumat (31/5). T

Proyek Jalan tol yang diresmikan itu berada di XIII Koto Kampar pada seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1.

"Hari ini saya meresmikan jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yaitu Bangkinang-XIII Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 KM yang kita bangun sejak 2019-2024 menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," ujar Jokowi.

Baca Juga: Tegaskan Komitmen Pada Ekonomi Hijau, BRI Tawarkan KPR Green Financing

Jokowi menyebutkan, pembangunan jalan tol itu merupakan sirip dari tol Trans Sumatera.

Dia berharap setiap tahunnya sambungan tol yang belum selesai segera dituntaskan.

"Kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan berkaitan dengan jalan daerah, Inpres jalan daerah di Provinsi Riau telah dibangun dan diperbaiki 10 ruas jalan sepanjang 63 km dan menghabiskan anggaran Rp369 miliar sudah selesai.

Baca Juga: Peserta JKN Ungkap Rasa Syukur Atas Manfaat yang Diberikan BPJS Kesehatan Hadapi Diabetes

"Saya titip kepada gubernur, bupati dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif. Baik itu kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata sehingga betul-betul ada manfaatnya rakyat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah," jelas Jokowi.

Jokowi mengunjungi Riau didampingi Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono dan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono. Mereka ditemani Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Kapolda Riau Mohammad Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Jalan Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar dipastikan secara operasional sudah tidak ada masalah. Semua infrastruktur pendukung juga dinyatakan sudah siap.

"Secara operasional kita sudah siap," kata Branch Manager (BM) PT Hutama Karya, Jarot Seno Wibawa.

Ada pun infrastruktur pendukung tersebut seperti lampu penerangan, kemudian rambu-rambu peringatan di sepanjang jalan bebas hambatan yang ada di ruas tol Pekanbaru - Pangkalan tersebut.

"Rambu-rambu pendukung sudah dilengkapi. Penerangan juga sudah," ujar Jarot.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat