bdadinfo.com

Peserta JKN Ungkap Rasa Syukur Atas Manfaat yang Diberikan BPJS Kesehatan Hadapi Diabetes - News

- Salah satu peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Nia Febriyanti (33) mengaku bersyukur dengan hadirnya program dari BPJS Kesehatan ini.

Pasalnya, JKN membantunya menghadapi penyakit diabetes yang dideritanya.

"Saya bersyukur karena sudah terdaftar sebagai peserta JKN segmen peserta Penerima Bantuan Iuran yang iurannya dibayarkan dari APBN, apalagi saya didiagnosa diabetes sejak sembilan tahun lalu. Awal terdaftar sebagai Peserta JKN, saat itu juga saya sudah mulai rutin melakukan pemeriksaan di fasilitas kesehatan karena diabetes, bahkan rutin menggunakan insulin selama sebelas tahun," ungkap Nia.

Baca Juga: Tinjau Lahan Relokasi Korban Bencana, Gubernur Sumbar Minta Segala Prosedur Disegerakan

Seperti diketahui, diabetes atau dikenal dengan penyakit gula merupakan penyakit kronis yang perlu diwaspadai.

Tanda utama dari penyakit ini adalah meningkatnya kadar gula darah (glukosa) melebihi nilai normal.

Adapun diabetes terjadi saat tubuh penderitanya tidak lagi mampu mengambil gula (glukosa) ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Baca Juga: Bosan dengan Menu Olahan Daging Sapi yang Itu-itu Saja? Ini Dia Resep Empal Serundeng Kemiri yang Wajib Kamu Recook

Kondisi ini pada akhirnya menghasilkan penumpukan gula ekstra dalam aliran darah tubuh.

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada organ jantung, ginjal, mata dan saraf.

Di samping itu, diabetes merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan perawatan dan pengeluaran biaya yang cukup besar.

Baca Juga: Banten Versi IKN! Digadang Bakal Jadi Termegah di Serang Bakal Secepatnya Dimulai Pembangunan Gedung Bank Baru dan Pertama

Terutama bagi mereka yang membutuhkan penggunaan insulin sebagai bagian dari pengelolaan kondisi kesehatan mereka.

“Kalau dihitung biaya pengobatan sejak didiagnosa diabetes, sudah cukup besar Program JKN membantu saya dalam biaya perobatan saya. Saya pernah di rawat inap, mulai dari pemeriksaan dokter, kamar perawatan hingga obat-obatan sudah masuk dalam tanggungan BPJS Kesehatan. Tidak dikenakan sepersen pun kepada saya” ucap Nia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat