bdadinfo.com

Mahfud MD Ungkap Laporan Transaksi Janggal Rp300 Triliun yang Masih Belum Ditindaklanjuti - News

Mahfud MD Saat Menjelaskan Mengenai Temuan Transaksi Mencurigakan Sebesar Rp300 triliun.  (Tangkap Layar Youtube/Kemenko Polhukam RI)

- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyesalkan laporan terhadap transaksi mencurigakan senilai Rp300 triliun yang melibatkan 460 orang di lingkungan keuangan yang sejak tahun 2009 tidak ada kemajuan apapun.

Laporan baru ditindaklanjuti saat muncul kasus yang menjerat mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo sebagai buntut dari kasus penganiayaan oleh putranya, Mario Dandy Satriyo yang sempat disinggung oleh Mahfud MD.

Sebanyak 160 lebih laporan transaksi janggal terjadi semenjak tahun 2009. Meski Mahfud MD mengklaim tidak ada kelanjutan informasi dari kasus tersebut, ia mengapresiasi langkah Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang tengah bersih-bersih jajaran Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Rugikan Jesicca Iskandar Miliaran, Steven Resmi Jadi Tersangka!

"Kadang kala respon itu muncul sesudah menjadi kasus, kayak Rafael Alun yang ini baru terjadi kasus, lah ini sudah dilaporkan (dari dulu)," ungkap Mahfud MD.

Mahfud MD juga sempat menyinggung soal kasus Angin Prayitno yang telah lama menimbun anggaran sebesar ratusan miliar Rupiah, namun akhirnya diungkap oleh KPK.

Ia menyangka bahwa karena kesibukan KPK yang luar biasa, mereka membutuhkan suatu sistem untuk mengatur keluar-masuknya laporan dugaan kasus terkait.

Baca Juga: Sakit Hati Karena Sering Dikentuti, Seorang Kakek Tega Tikam Temannya Hingga Tewas

Sebelumnya, Mahfud MD juga mencurigai 69 jajaran pejabat pajak yang melakukan praktik pencucian uang. Ia melaporkan hal tersebut sejak tahun 2019 lalu.

Sejumlah keanehan tersebut juga sudah ia dapati dalam anggaran pegawai Kemenkeu sejak tahun 2013.

Ia juga telah mengirimkan berbagai surat laporan terkait keanehan tersebut kepada Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), namun hingga saat ini tidak ditindaklanjuti. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat