bdadinfo.com

Apakah Bisa Puasa di Negara yang Tidak Ada Matahari Terbenam? Ini Penjelasannya - News

Cara Greenland, Norwegia, Islandia, dan Swedia berpuasa saat tidak ada matahari tenggelam (pexels.com/LarsBuggeAarset)

Melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap umat Muslim. Terlebih lagi, puasa adalah salah satu rukun Islam.

Dalam Islam, lamanya waktu melakukan puasa ialah dilakukan sejak matahari terbit di waktu fajar hingga matahari terbenam.

Tetapi, tahukah kamu jika ada sejumlah negara yang tidak memiliki matahari terbenam pada waktu tertentu, apalagi di saat bulan Ramadhan tahun 2023 ini?

Baca Juga: Tips Memilih Lipstik Sesuai Skin Tone, Tampil Cantik di Hari Spesial!

Benar, pada bulan Ramadhan yang sudah berlangsung sejak bulan Maret dan berlanjut di bulan April tahun 2023 ini, umat Islam yang tinggal di beberapa negara akan merasakan hari tanpa malam.

Oleh karena itu, mekanisme menjalankan ibadah puasa bagi umat Muslim menjadi salah satu hal yang menarik untuk diketahui.

Daerah Kaanaak di Greenland, Hammerfest dan Svalbard di Norwegia, Kiruna di Swedia, dan negara Islandia merupakan beberapa tempat di bumi yang dalam rentang waktu dari April hingga Agustus mengalami pergantian hari tanpa merasakan adanya matahari terbenam.

Baca Juga: Takut Dihadang, IAW Tak Bisa Beberkan Nama Lengkap Artis yang Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

“Tempat-tempat di mana matahari tidak pernah terbenam dan kamu akan melihat matahari tengah malam antara April dan Agustus: Kaanaak (Greenland); Islandia; Hammerfest dan Svalbard (Norwegia), Kiruna (Swedia),” tulis Aydar Akhatov di akun Twitter @AydarAkhatov dikutip hari Jumat, 7 April 2023.

Fenomena langit tanpa malam alias midnight sun di wilayah-wilayah tersebut merupakan akibat dari gerakan rotasi bumi, seharusnya dapat menghadirkan siang dan malam secara bergantian.

Jadi, bagaimana umat muslim yang bermukim di daerah-daerah tersebut dapat menunaikan ibadah puasanya?

Baca Juga: Disponsori Bank Nagari Syariah Cabang Padang, Ratusan Peserta Ikuti Festival Pelajar Soleh Tahari Junior ke 2

Nah, salah seorang yang berasal dari komunitas Muslim di Norwegia bernama Hassan Ahmed berbagi cerita pada The Atlantic yang dikutip oleh pada hari Jumat, 7 April 2023.

Hassan menjelaskan bahwa dalam fatwa yang sudah disepakati di Norwegia, terdapat dua cara mekanisme yang bisa dilakukan untuk menjalankan puasa.

Kedua cara tersebut ialah mengikuti lamanya waktu puasa yang berasal dari negara terdekat atau mengikuti waktu puasa di Mekkah.

Baca Juga: Ngaku Untuk Biaya Sekolah Adik, Pria di Payakumbuh Ditangkap Polisi Curi Cabai di Kebun Warga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat