bdadinfo.com

Orasi Ilmiah di UIN IB Padang, Wako Hendri Septa Paparkan Kunci Terwujudnya Masyarakat Madani - News

Wako Hendri Septa ditangah civitas akademika UIN IB.

- "Mewujudkan Masyarakat Kota Padang yang Madani Berbasis Pendidikan" merupakan tema yang diangkat Wali Kota Padang Hendri Septa saat mendapat kehormatan memberikan orasi ilmiah di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang, Sumbar.

Sang Wali Kota milenial penyandang gelar Masters of International Business (MIB) dari Deakin University Australia, salah satu universitas papan atas dunia itu tersebut memparkam kunci keberhasilan Kota Padang mencapai indeks pembangunan manusia (IPM) menjadi tertinggi di provinsi Sumbar dan jauh diatas rata-rata Nasional.

Orasi ilmiah itu disampaikan Wako Hendri Septa, dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Angkatan ke-89 UIN-IB Padang Tahun Akademik 2022/2023 dalam acara prosesi wisuda yang dilangsungkan di Kampus III UIN IB Padang, Sungai Bangek, Minggu (28/5/2023).

Baca Juga: Dua Lurah Masuk Nominator Paralegal Justice Award, Sekdako Andree: Ayo Kita Dikung Bersama

Wisuda tersebut  yang diikuti sebanyak 615 orang lulusan perguruan tinggi agama Islam terkemuka di Kota Padang.

Mengawali pemaparan atas nama pribadi dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Wali Kota religius itu pun terlebih dahulu menyampaikan selamat atas wisuda ke-89 bagi UIN IB.

Ia berharap dengan semakin banyaknya lulusan UIN IB Padang semakin besar pula kontribusi perguruan tinggi dalam mencerdaskan dan memajukan bangsa, negara dan juga agama.

"Lulusan UIN IB Padang adalah harapan baru bagi kemajuan pendidikan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Indonesia. Untuk itu kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan di UIN IB. Semoga ilmu yang diperoleh membawa berkah dan bermanfaat untuk kehidupan pribadi, keluarga dan masyarakat serta bangsa, negara dan juga agama tentunya," ujar Wako. 

Dijelaskan Wako, berbicara mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasis pendidikan yaitu sesuai dengan visi Kota Padang yang tertuang di dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024.

"Alhamdulillah, sampai tahun 2022 kita Pemko Padang telah berhasil meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Padang untuk menghasilkan SDM yang beriman, kreatif, infovatif dan berdaya saing. Hal itu ditandai dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM) dari 82,92 tahun 2021 menjadi 83,26 di tahun 2022. IPM Kota Padang selalu tertinggi di Sumbar dan berada di atas rata-rata target nasional," terangnya.

Pemerintah Kota Padang sendiri menurut Wako Hendri Septa, untuk lebih meningkatkan kemajuan sektor pendidikan Kota Padang ke depan selalu mengharapkan dukungan perguruan tinggi salah satunya UIN IB Padang yang telah banyak melahirkan orang-orang hebat dan cendekiawan muslim.

"Hari ini UIN IB kembali mewisuda mahasiswanya yang tentu memiliki ilmu yang banyak. Tidak saja dalam keagamaan namun juga di bidang sains dan teknologi. Semoga mereka bisa mengimplementasikan ilmu dan turut berkontribusi untuk memajukan pendidikan di Kota Padang khususnya."

"Kita tunggu sinergi dan kolaborasinya. Alhamdulillah selama ini telah banyak yang kita rasakan seperti ada lulusan UIN IB yang jadi guru, mubaligh dan aktifis di Kota Padang. Begitu pula mahasiswa UIN yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN), praktek lapangan serta kegiatan pengabdian untuk masyarakat dan lain sebagainya," pungkas Wali Kota yang disambut antusias hadirin saat itu.

Dalam kesempatan itu terlihat hadir Rektor UIN IB Prof. Dr. Hj. Martin Kustati , M.Pd bersama para Wakil Rektor dan Dekan serta Ketua Senat UIN IB Padang Prof. Dr. H. Duski Samad, M.Ag dan Ketua ILUNI UIN IB Nasrul S.Sos, M.M. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat