bdadinfo.com

Senjata Nuklir Taktis Rusia Tiba di Belarusia dan Siap Dipakai: Kami Telah Menyiapkan Segalanya - News

Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan negaranya akan menerima senjata nuklir taktis dalam beberapa hari ke depan. (Sputnik/Mikhail Klimentyev/Kremlin via REUTERS)

- Presiden Belarus Alexander Lukashenko mengatakan negaranya akan menerima senjata nuklir taktis dalam beberapa hari ke depan.

Menurut keterangannya, kondisi yang diciptakan untk penyimpanan senjata nuklir taktis Rusia di Belarus ini sebanding dengan tindakan ketat yang dilakukan di ruang operasi.

"Semuanya sudah siap. Saya pikir beberapa hari ini akan berlalu, dan kita akan memiliki apa yang kita minta. Bahkan sedikit lebih," ujar presiden Belarus itu dikutip dari Agensi Berita Rusia TASS, Selasa 13 Juni 2023.

Baca Juga: Penas KTNA XVI Tahun 2023, Wali Kota Padang Beri Semangat untuk Seluruh Petani

Pihak Belarus juga memastikan telah mematuhi semua persyaratan, yang dikatakan sebagai kejutan tersendiri yang menyenangkan Rusia.

"Kami telah menyiapkan segalanya dan sedang melaksanakan program yang telah kami rencanakan dengan Presiden Rusia," kata Lukashenko.

Lebih lanjut, Lukashenko mengungkap pengisian beberapa sistem rudal Polonez Belarus dengan hulu ledak nuklir adalah salah satu proposal pertamanya yang diajukan kepada Rusia, namun itu hanya menjadi harapan belaka.

Baca Juga: Kisah Frozen 3 Resmi Dilanjutkan, Idina Menzel Balik Lagi Jadi Pengisi Suara

Maka dari itu, keputusan diambil dengan mempersiapkan fasilitas penyimpanannya terlebih dahulu sebelum transfer senjata nuklir taktis bisa dilakukan.

Sebelumnya pada tanggal 25 Maret 2023, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Moskow akan menggelar senjata nuklir taktisnya di Belarus atas permintaan Minsk.

Pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarus tersebut dijadwalkan selesai pada tanggal 1 Juli 2023 mendatang.

Baca Juga: Mau Sukses Usaha dan Bisnis, Jalankan Peribahasa Minang, Bajalan Mancucuik Ringkek Nan Rangkayo

Sistem rudal taktis Iskander pemberian Rusia kepada Belarus mampu membawa senjata nuklir taktis dan telah membantu Minsk dalam memperbarui pesawat militer untuk membawa senjata khusus.

Adapun awak misil dan pilot Belarus yang telah memperoleh pelatihan di Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuannya dengan rekan Belarusnya di Sochi pada 9 Juni 2023 mengungkap, pengimplementasian senjata nuklir Rusia di Belarus akan segera dimulai pada tanggal 7-8 Juli 2023 setelah semua fasilitas untuknya dipersiapkan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat