bdadinfo.com

Petani Nagari Sungai Gayo Pesisir Selatan Diberi Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos - News

Petani Nagari Sungai Gayo Pesisir Selatan Diberi Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos (Kominfo Pesisir Selatan)

 

- Petani Nagari Sungai Gayo Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat diberikan pelatihan pembuatan pupuk kompos yang dilaksanakan di kenagarian setempat pada tanggal 19 hingga 20 Juni 2023.

Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di Nagari Sungai Gayo Lumpo. Selanjutnya untuk memberdayakan dan membangun masyarakat Nagari Sungai Gayo Lumpo agar menjadi lebih produktif.

Pelatihan dihadiri oleh Camat IV Jurai Ferro Yuandha Putri, Wali Nagari Sungai Gayo Lumpo Nofinol Edi beserta jajaran, ketua bamus dan anggota, bhabinkamtibmas, Pendamping Desa Yudi Murta, dan peserta yang terdiri dari para petani Nagari Sungai Gayo Lumpo.

Camat IV Jurai, Ferro Yuandha Putri menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Pemerintah Nagari Sungai Gayo Lumpo karena pandai membaca potensi daerahnya.

Baca Juga: Bupati Eka Putra Kembali Tegaskan Anak-anak Tanah Datar Tak Boleh Gagal Masuk PTN Karena Alasan Biaya

"Sungai Gayo adalah lumbung ternak sapi yang cukup besar khususnya di Kecamatan IV Jurai," ungkapnya.

Menurutnya, kotoran sapi yang ada di Nagari Sungai Gayo Lumpo cukup banyak selama ini, namun belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyarakat karena belum diolah dengan baik.

Dalam kesempatan ini, kepada peserta pelatihan camat berpesan untuk bisa memanfaatkan waktu pelatihan ini dengan menyerap ilmu dan semua informasi yang diberikan oleh narasumber.

Baca Juga: Baznas Serahkan Rp791,8 Juta untuk 355 Calon Mahasiswa Asal Tanah Datar

Selanjutnya, camat meminta kepada wali nagari agar kegiatan pelatihan pembuatan pupuk kompos ini bisa terus dikawal dan dikembangkan.

"Apabila bisa dikelola dengan baik, juga bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Nagari, dan tentunya bagi individu juga bisa menambah income keluarga," tutupnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat