bdadinfo.com

Gempa Hebat Berkuatan Magnitudo 6,4 Guncang Yogyakarta, BMKG Imbau Masyarakat Sekitar Berhati-hati! - News

Gempa Hebat Berkuatan Magnitudo 6,4 Guncang Yogyakarta, BMKG Imbau Masyarakat Sekitar Berhati-hati!

- Kabar terbaru telah terjadi gempa terasa keras dan berlangsung lumayan lama di wilayah Jogja dan sekitarnya pada Jumat (30/6/2023) malam sekitar pukul 19.59 WIB. Kaca-kaca dan tembok bergetar hebat. Namun, belum ada laporan kerusakan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa dengan magnitudo (M) 6,4 86 km barat daya DIY Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023) pukul 19.57 Wib.

Baca Juga: Terminal Bus di Padang Super Megah Seperti Bandara Bertaraf Internasional

Mengutip dalam laman resmi BMKG, episentrum gempa bumi terletak pada koordinat 8,3 lintang selatan, 110,8 bujur timur.

Adapun kedalaman gempa yakni 28 km. BMKG mengimbau masyarakat sekitar untuk berhati-hati terhadap gempa susulan yang mungkin saja terjadi.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu memperbarui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG, guna menghindari informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa kali ini terasa lumayan kencang dan lama. Di pusat Kota Jogja, seperti di area Tugu Jogja, kaca-kaca bergetar keras.

Sementara, tembok juga berderit mengeluarkan bunyi cukup keras saat gempa terjadi. Warga berhamburan keluar rumah.

Getaran akibat gempa di Bantul dirasakan juga di sejumlah wilayah di Jawa Tengah mulai Solo, Purworejo, Kebumen, Megelang, Temanggung, Wonosobo, hingga Semarang.

Dalam sebulan ini, sudah dua kali Jogja diguncang gempa yang cukup keras yang membuat warga berlarian keluar rumah.

Pada Gempa berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang Jogja dan sekitarnya pada Kamis (8/6/20230) dinihari. Warga pun berhamburan keluar rumah.

Gempa Hebat Berkuatan Magnitudo 6,4 Guncang Yogyakarta, BMKG Imbau Masyarakat Sekitar Berhati-hati!
Gempa Hebat Berkuatan Magnitudo 6,4 Guncang Yogyakarta, BMKG Imbau Masyarakat Sekitar Berhati-hati!

“#Gempa Magnitudo: 6.0, Kedalaman: 10 km, 08 Jun 2023 00:04:55 WIB, Koordinat: 9.15 LS-110.69 BT (117 km BaratDaya PACITAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” tulis akun twitter @info BMKG.

BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. BMKG menyarankan agar masyarkaat tetap berhati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat