bdadinfo.com

Dugaan Kebocoran 34 Juta Data Paspor Indonesia ulah Hacker Bjorka, Kominfo Lakukan Penelusuran Mendalam - News

Dugaan Kebocoran 34 Juta Data Paspor Indonesia ulah Hacker Bjorka, Kominfo Lakukan Penelusuran Mendalam (Pixabay.com/B_A )

– Sebelumnya ramai di media sosial mengenai ulah hacker Bjorka yang kembali membuat geger dengan diduga meretas 34 juta data paspor Indonesia.

Sehubungan dengan keresahan masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Rabu, 5 Juli 2023 pun melakukan penelusuran mendalam terkait dugaan kebocoran data pribadi tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan, menyatakan hingga malam kemarin pukul 20.00 WIB, tim masih bekerja untuk mengusut.

Baca Juga: 35 Juta Data Pribadi Pengguna MyIndihome Diduga Bocor Akibat Ulah Bjorka, Begini Cara Cek Kebocoran Data Diri

Dan sejauh ini belum dapat menyimpulkan telah terjadi kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang viral di Twitter.

Beberapa tahap pemeriksaan telah dilakukan secara hati-hati terhadap data yang beredar dan sampai pada kesimpulan di atas.

Namun, pihak Kominfo masih terus akan melanjutkan penelusuran dan penyelidikan terkait persoalan ini.

Baca Juga: Hacker Bjorka Kembali Berulah! Kini 34 Juta Data Paspor Indonesia Bocor dan Diobral Murah

Penyelidikan akan terus dilakukan secara mendalam dan untuk perkembangan hasil penyelidikannya, nanti akan disampaikan lebih lanjut.

Kominfo juga sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak yang terkait.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), juga beserta dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Ramai Parodi Adegan Jasa Keliling, Indosiar Akan Ambil Jalur Hukum Apabila Tanpa Izin dan Penyalahgunaan Logo

Untuk hasil penelusurannya jika sudah mendapatkan informasi yang lebih detail, Kementerian Kominfo akan merilis hasil temuannya.

Kominfo juga mengimbau pada seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi untuk semakin meningkatkan keamanan data pribadi penggunanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat