bdadinfo.com

Deretan Kabupaten dan Kota Terbaik di Sumatera Barat Peraih Penghargaan PPD 2023, City of Randang Is The Best! - News

Deretan Kabupaten dan Kota Terbaik di Sumatera Barat Peraih Penghargaan PPD 2023, City of Randang Is The Best!

- Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Penghargaan dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional ini menunjukkan prestasi dalam perencanaan pencapaian dan inovasi pembangunan daerah terbaik, diberikan kepada pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

PPD diselenggarakan untuk meningkatkan keterpaduan pelaksanaan pembangunan pusat dan daerah serta sebagai bentuk motivasi dan apresiasi kepada pemerintah daerah atas prestasinya.

Baca Juga: Operasi Patuh Singgalang 2023 Dimulai, 64 Pelanggar di Kota Padang Tertangkap Kamera ETLE Petugas

Dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, apresiasi yang diberikan kepada daerah terbaik penerima PPD, berupa piala dan piagam penghargaan serta diusulkan untuk menerima dana insentif daerah sesuai dengan regulasi ketentuan dan formulasi Kementerian Keuangan.

Penilaian PPD dilakukan terhadap empat empat aspek yaitu pencapaian pembangunan kualitas dokumen RKPD proses penyusunan dokumen RKPD dan inovasi penilaian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu:

Tahap 1 penilaian dokumen, tahap 2 presentasi dan wawancara serta tahap 3 verifikasi.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyelesaikan penilaian tahap 1 dan tahap 2 serta lolos ke tahap 3 bersama 11 provinsi lainnya se-Indonesia.

Penilaian tahap 3 verifikasi bertujuan untuk evidence base evaluation yaitu konfirmasi dan menggali informasi lebih dalam dari perspektif terhadap proses penyusunan RKPD 2023, pelaksanaan dan pencapaian sasaran.

Baca Juga: Rangkaian Jadwal RCTI Hari Ini Selasa 11 Juli 2023, Kini Hadir Movie Spesial Lokal Keren Foxtrot Six

Penilaian ini dilaksanakan dalam bentuk kunjungan lapangan pada tanggal 3 April 2023 lalu ke lokasi pelaksanaan inovasi yang diusulkan.

Fokus grup discussion PPD pada tanggal 4 April 2023 yang dilaksanakan di ballroom LT 3 Bappeda provinsi Sumatera Barat.

Juara 1 PPD tahun 2023 kategori kota di tingkat Provinsi, mengantarkan Payakumbuh, kota berjuluk ke City of randang itu berhasil meraih peringkat pertama kategori kota dalam penghargaan Pembangunan Daerah PPD provinsi Sumatera Barat tahun 2023.

Dan menjadi satu-satunya kota dari Sumatera Barat yang berhasil masuk ke-14 besar dalam penilaian PPD 2023 nasional tahap I.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat