bdadinfo.com

Sejarah Bus PO ANS Asli Sumbar, Kini Semua Armada Pakai Keamanan Super, Penumpang Dijamin Selamat - News

Sejarah bus PO ANS asli Sumbar, kini semua armada pakai keamanan super, penumpang dijamin selamat (Instagram @rendyrn18_)

- Salah satu bus asal Sumatera Barat adalah PO ANS. Siapa pernah lihat bus ini melintas di jalanan, apa yang khas dari bus ini, yak bener warna biru muda.

Bus ANS ini merupakan pemain lama lho untuk trayek Sumatera-Jawa.

PO bus ANS ini didirikan oleh Haji Anas Sutan Jamaris, beroperasi pertama kali 1 April 1960 di Bukittinggi.

Baca Juga: Update Jadwal Indosiar Hari Kamis 13 Juli 2023, Hadir Sederetan Pintu Berkah dan Mega Film Asia

Markas pusat PO ANS adalah di Jalan Khatib Sulaiman 101 Padang Sumatera Barat. Selain itu punya kantor di Jakarta yaitu di Jalan Pemuda 288 Rawamangun Jakarta Timur.

Pada era 1980-an hingga 1990-an, ANS pernah melayani jaringan trayek atau rute dari Banda Aceh di ujung utara Sumatera hingga Denpasar, Bali. Walaupun melakukan transit di Jakarta, jaringan trayek ini mungkin merupakan jarak terjauh yang dijalani oleh sebuah perusahaan otobus di Indonesia.

ANS melayani trayek ke arah barat, dari Jakarta ke berbagai kota tujuan di pulau Sumatera, seperti Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Padang, Bukit Tinggi, Pariaman, dan lainnya. Selain ke barat, ANS juga membuka trayek dari Jakarta ke arah timur, seperti ke Surabaya, Malang hingga Denpasar, Bali.

Baca Juga: 4 Arti Mimpi Dirampok, Anda sedang Khawatir dengan Keslamatan Anda!

Untuk trayek yang lebih dekat, ANS melayani rute dari beberapa kota di Sumatera Barat, seperti Padang, Bukit Tinggi, Pariaman, dan lainnya menuju beberapa kota di pulau Sumatera, seperti Banda Aceh, Medan, Pekan Baru, Dumai, Jambi, Palembang, Bengkulu, dan lainnya.

PO ANS saat ini punya sekitar 100-200 armada yang melayani rute di Pulau Sumatera dan Sumatera-Jawa.

Punya tagline Aman yang Nyaman untuk Dituju dan punya motto aman hingga titik nyaman, bu ANS dilengkapi dengan keamanan khusus lho.

Baca Juga: Jadwal Lengkap SCTV Hari Kamis 13 Juli 2023, Link Stream Gratis, Ada FTV Spesial Cinta pada Gigitan Pertama!

Dikutip dari laman ANS, bus PO ANS punya sabuk pengaman di 4 kursi depan armada terbarunya.

Selain itu PO ANS memasang GPS di tiap armadanya untuk memantau kecepataan pengemudi agar tidak melebihi batas yang dapat menganggu keselamatan penumpang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat