bdadinfo.com

Tidak Hanya di Sumatera Utara, Ada 6 Suku di Luar Negeri yang Miliki Kemiripan dengan Suku Batak   - News

Tidak Hanya di Sumatera Utara, Ada 6 Suku di Luar Negeri yang Miliki Kemiripan dengan Suku Batak    (YouTube Namora Jaya )

- Suku Batak merupakan suku yang berada di Sumatera Utara, Indonesia. Dan terdiri dari lima etnis yaitu Karo, Simalungun, Toba, Mandailing, dan Pakpak.

Ternyata tidak hanya di Sumatera Utara namun pada belahan negara lain atau luar negeri, ada suku yang memiliki kemiripan dengan Suku Batak.

Inilah 6 deretan suku di luar negeri yang mempunyai kemiripan dengan Suku Batak yang ada di Sumatera Utara.

Baca Juga: Meningkat Lebih dari Rp35 Triliun, PTSL menjadi Tonggak Pertumbuhan Ekonomi di Sumatera Utara

1.       Suku Mizo

Suku Mizo berada di India Selatan dan diklaim oleh Israel sebagai suku yang hilang. Suku Mizo memiliki beberapa persamaan dengan Suku Batak.

Persamaan yang dimiliki oleh Suku Mizo dengan Batak adalah aksen atau logatnya, pakaian tradisional yang sangat mirip dengan ulos termasuk bahannya, cara berpakaiannya yang diletakkan di atas bahu.

Kemudian karakter orang Suku Mizo adalah terus terang (blak-blakan) dan rumah adatnya juga mirip dengan rumah adat Batak.

Baca Juga: Yuk Coba buat Daun Ubi Tumbuk Khas Sumatera Utara, Berikut Resepnya

2.       Suku monsang

Suku Monsang berada di India Selatan. Persamaan yang yang dimiliki oleh Suku Monsang dengan Batak adalah silsilah atau marga atau tarombo.

Kemudian pakaian tradisional pun mirip dengan ulos batak dari corak hingga bahannya. Gerakan tarian tortor dan musiknya juga sama.

3.       Suku Mate

Suku Mate berada di India bagian selatan. Suku Mate memiliki beberapa persamaan dengan Suku Batak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat