bdadinfo.com

2 Periode Jadi Bupati di Daerah Termiskin Sumatera Barat, Yudas Sabaggalet Punya 20 Rumah - News

Eks Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet. Daerah itu menjadi yang termiskian di Sumatera Barat (Ist)

- Dari beberapa daerah yang ada di Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai rupanya tercatat sebagai daerah paling miskin di provinsi tersebut.

Dikutip dari channel YouTube Netizen Pasbar, meski Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi kabupaten dengan pendapatan perkapita tertinggi di Sumatera Barat, namun nyatanya tidak membuat tingkat kemiskinan di daerah ini rendah.

Menurut catatan BPS pada 2021, meskipun telah terlepas dari Kabupaten Padang Pariaman sejak 20 tahun lalu, hal itu tidak membuat masyarakat di daerah ini keluar dari angka kemiskinan.

Baca Juga: Ini 11 Kabupaten Termiskin di Sumatera Barat, Nomor Terakhir Bikin Nyesek!

Sebagai Kabupaten berpenduduk paling sedikit di Sumatera Barat dari total 88.389 jiwa penduduk, kabupaten ini ada sebanyak 14,84 persen masyarakatnya yang masih digolongkan sebagai penduduk miskin.

Jumlah atau angka itu dua kali lipat lebih dari rata-rata presentasi kemiskinan di Sumatera Barat.

Maka tak heran jika kondisi ini membuat daerah tersebut tercatat sebagai daerah termiskin di Sumatera Barat.

Baca Juga: Terowongan Tol Sumbar vs Terowongan Tol Bawah Laut di IKN, Lebih Mahal Mana?

Namun demikian, dengan adanya pengerjaan bandara di Mentawai diharapkan persentase kemiskinan juga makin berkurang karena geliat pariwisata yang berpotensi meningkat pesat.

Disisi lain, ada banyak faktor kenapa tingkat kemiskinan di wilayah-wilayah ini terjadi. Namun diperkirakan angka-angka tersebut bisa turun lebih banyak lagi.

Lantas siapakah kepala daerah yang memimpin di sana? Sebagai informasi, Kepuluan Mentawai pernah dipimpin selama dua periode oleh Yudas Sabaggalet.

Dia menjabat sebagai Bupati Kepulauan Mentawai selama dua periode, yakni 2011–2016 dan 2017–2022.

Baca Juga: Fakta Mencengangkan soal Terowongan Danau Singkarak Sumbar

Politisi PDIP kelahiran 24 Februari 1964 ini juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Kepulauan Mentawai periode 2006–2011.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat