bdadinfo.com

Fakta Mencengangkan soal Terowongan Danau Singkarak Sumbar - News

Ilustrasi Danau Singkarak, Sumatera Barat (Tangkapan layar YouTube ALIKE CHANNEL)

- Di balik keindahan alamnya, Danau Singkarak menyimpan sederet misteri yang belum terpecahkan hingga kini. Salah satunya soal terowongan yang menembus hingga ke Danau Maninjau, Sumatera Barat.

Lantas seperti apa fakta terkait terowongan di dasar Danau Singkarak itu? Nah biar nggak penasaran, yuk simak ulasan berikut ini.

Dikutip dari channel YouTube Adek Surya Fadly, Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Baca Juga: Terowongan Tol Sumbar vs Terowongan Tol Bawah Laut di IKN, Lebih Mahal Mana?

Danau ini memiliki luas 107,8 km2 dan merupakan danau terluas kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Sebagai danau terbesar di Sumatera Barat, Danau Singkarak banyak menyimpan cerita menarik yang dipercaya secara turun-temurun.

Salah satu cerita yang paling banyak beredar adalah tentang keberadaan terowongan misterius yang menghubungkan Danau Singkarak dengan Danau Maninjau.

Baca Juga: Sama-sama Dilengkapi Terowongan Megah, Ini Perbandingan Tol Cisumdawu vs Tol Padang Sumbar

Nah, Danau Maninjau sendiri adalah sebuah danau yang berada di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Adapun jarak Danau Singkarak dengan Danau Maninjau cukup jauh, yakni sekitar 100 kilometer. Jika menggunakan mobil memakan waktu sekira 3 jam perjalanan.

Namun jika menggunakan motor hanya sekira 2 jam 30 menit. Tapi jika berjalan kaki dari Danau Singkarak ke Danau Maninjau bisa memakan waktu sekira 20 jam.

Dengan jarak yang begitu jauh, sulit memang jika dicerna dengan logika tentang keberadaan terowongan yang menghubungkan Danau Singkarak dan Danau Maninjau ini.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Inilah Misteri di Balik Indahnya Danau Maninjau

Tapi, konon ada cerita orang hilang di Danau Singkarak lalu ditemukan di Danau Maninjau. Namun demikian, sampai sekarang belum ada penemuan yang bisa membuktikan keberadaan terowongan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat