bdadinfo.com

Dulu Sosok Mak Lampir Cantik Seperti Artis, Legendaris Paling Terkenal Berasal dari Sumbar Sampai Sekarang - News

Dulu Sosok Mak Lampir Cantik Seperti Artis, Legendaris Paling Terkenal Berasal dari Sumbar Sampai SekarangDulu Sosok Mak Lampir Cantik Seperti Artis, Legendaris Paling Terkenal Berasal dari Sumbar Sampai Sekarang

- Siti Lampir Maimunah Atau biasa kita kenal dengan sebutan Mak Lampir merupakan keturunan langsung dari kerajaan Champa Sebuah kerajaan yang pernah menguasai daerah yang sekarang termasuk kawasan Vietnam Tengah dan Selatan dan diperkirakan ada pada abad ke-7 hingga tahun 1832 masehi.

Dan konon memperluas pengaruhnya sampai ke wilayah nusantara menurut beberapa cerita Mak Lampir merupakan legenda atau cerita rakyat yang sebenarnya berasal dari Sumatera Barat.

Konon cerita Mak Lampir juga berkaitan dengan cerita Legenda 7 Manusia Harimau yang juga berasal dari Sumatera.

Baca Juga: PLN Presentasikan Sumbar Langit Biru Lewat Merah Putih Light Carnival

Semasa remaja walaupun dikenal sebagai seorang putri kerajaan yang terkenal cantik dan baik hati.

Tapi ia seorang putri yang bisa dikatakan berbeda dengan kebanyakan putri-putri lainnya sebab dibalik paras cantiknya itu.

Ternyata Ia memiliki gemaran berburu atau sifatnya itu pula pada akhirnya membuat Lampir seringkali dinasehati oleh ayahnya untuk tidak melakukan kebiasaannya itu.

Baca Juga: Harta Kekayaan Mahyeldi Naik Dua Kali Lipat Cuma Dua Tahun Jadi Gubernur Sumbar Semakin Tajir Melintir

Karena menurut ayahnya sendiri seorang putri raja seharusnya tidak memiliki kegemaran yang tidak menggambarkan keanggunan dari seorang putri kerajaan.

"Kamu itu seorang putri raja. Harusnya kamu bisa menjaga sikap dengan tidak berburu hewan di dalam hutan," kata sang ayah.

"Maafkan Aku Ayah soalnya berburu itu adalah kegemaranku lagian aku hanya berburu babi hutan yang suka menghancurkan ladang warga kurasa kegemaranku ini ada manfaatnya untuk rakyat kita," kata Mak Lampir.

"Sudah mulai sekarang Ayah tidak ingin mendengar alasan kamu lagi pokoknya Mulai detik ini kamu jangan berburu di tengah hutan Ayah tidak suka melihat kamu berlaga seperti bukan dari golongan bangsawan," tegas ang ayah.

"Baiklah, Siti akan berhenti berburu waktu hutan lagi," jawab Mak Lampir.

Walaupun demikian pada akhirnya Lampir tidak ingin kalau kebiasaannya itu dikekang lalu ia pun suka mengelabui penjaga istana untuk pergi ke dalam hutan supaya bisa menyalurkan kegemarannya itu.

Hingga Pada suatu hari ketika ia sedang berburu ternyata kali ini Lampir melihat seekor babi hutan yang sangat besar. Lalu ia pun memutuskan untuk memanah babi itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat