bdadinfo.com

Urang Minang di Tasikmalaya Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Sampaikan Pesan Khusus Ini - News

Urang Minang di Tasikmalaya Baralek Gadang, Gubernur Sumbar Sampaikan Pesan Khusus Ini (Humas Pemprov Sumbar )

- Urang Minang di Tasikmalaya baralek hadang, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menyampaikan pesan khusus kepada perantau.

Mahyeldi berpesan kepada warga Minang di mana pun berada, harus selalu menebar manfaat serta melebur dalam bermasyarakat.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat menghadiri perayaan Urang Minang Baralek Gadang Tahun 2023, yang dihelat oleh Ikatan Keluarga Minang (IKM) Tasikmalaya di Taman Kota Tasikmalaya, Minggu, 27 Agustus 2023

Baca Juga: Penyebab dan Kronologi Gubernur Sumbar Diusir Mahasiswa UIN Syekh Muhammad Jamil Jambe

“Karakter orang Minangkabau di perantauan harus selalu dipertahankan. Pertama, harus bermanfaat bagi lingkungan, tetapi tidak lupa bermanfaat bagi kampung halaman. Karakter kedua, harus berpandai-pandai dalam bermasyarakat. Pepatah mengatakan, ‘di mana sumur digali, di situ air diminum’. Itu harus senantiasa diamalkan,” katanya.

Terkait peran serta membangun kampung halaman, Mahyeldi mengingatkan para perantau untuk senantiasa menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai panutan.

Rasulullah, kata Mahyeldi, merantau saat momentum hijrah ke Madinah, akan tetapi tidak pernah lupa akan Makkah, hingga kembali ke kota kelahiran tersebut untuk memacu pembangunan dan kemaslahatan umat.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Dorong Partisipasi Masyarakat dalam Program Pohon Asuh

“Tradisi di perantauan yang kita anut, setali tiga uang dengan tradisi perantauan dalam Islam. Ini kembali menegaskan eksistensi falsafah orang Minang, yaitu Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah,” katanya.

Mahyeldi juga menyebutkan, sejarah mencatat bahwa meski pun orang Minang tidak terlalu signifikan secara jumlah atau populasi, tetapi kontribusinya dalam mendirikan dan membangun bangsa sangat besar.

"Hampir 50 persen tokoh-tokoh pendiri bangsa merupakan orang Minangkabau," katanya. ***

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat