bdadinfo.com

Spot Foto Balon Udara, Sensasi Menikmati Keindahan Kota Tua Sawahlunto - News

SAWAHLUNTO, - Menyaksikan Sawahlunto dari Puncak Cemara, salah satu objek wisata yang kudu wajib didatangi wisatawan saat lebaran Idul Fitri 1440 H. Di Puncer biasa kawasan ini disebut, pengunjung bisa melihat setiap sudut kota tua Sawahlunto dengan teropong yang disediakan. 

Tidak itu saja, wisatawan juga dimanjakan dengan spot selfie berupa Balon udara dan juga Gantole. Musik modern dan tradisional akan memanjakan wisatawan selama libur lebaran nanti. Ayunan cacaga (cameh cameh galak), ayunan diketinggian akan memacu adrenalin siapa saja yang berani untuk mencobanya.

-

Puncak Cemara merupakan salah satu dari top 10 destinasi wisata Sawahlunto yang wajib untuk dikunjungi jika berwisata ke "Kota Arang" Sawahlunto.

"Selain puncer, juga ada destinasi wisata lainnya, yakni Museum Gudang Ransoem, Lubang Tambang Mbah Soreo, Museum Kereta Api dengan lokomotif Mak Itam, Desa Wisata Rantih, Taman Satwa Kandi, Camping Ground, Waterboom The Unique Park, Taman Buah Kandi dan Site Geopark Batu Runciang Silungkang," ujar Kasi Objek Wisata Dinas Pariwisata Kota Sawahlunto, Beni Daswin kepada .

-

Di Sawahlunto juga sebutnya, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai bangunan tua khas peninggalan kolonial Belanda. Kawasan yang biasa disebut "The litle dutch in west Sumatra" itu traveller bisa ber swa foto mengabadikan keindahan banguan kota tua yang tengah berjuang menjadi kota tua warisan dunia yang diakui Unesco. 

Paket lengkap wisata Sawahlunto semakin komplit dengan gugusan site Geopark yang merupakan bebatuan purba yang membentang disepanjang Sawahlunto. Batu Runciang di Silungkang bisa dijangkau oleh wisatawan di Lintas Sumatra baik dari arah Solok maupun Sijunjung.

"Sawahlunto juga telah ditetapkan  sebagai kawasan Geo Park Nasional, salah satunya kawasan Batu Runciang Silungkang," ujarnya.

Kadis Pariwisata Sawahlunto, Efriyanto menambahkan, tak lengkap kiranya berwisata ke Sawahlunto jika tidak mengunjungi kawasan wisata Kandi, koleksi satwa yang dimiliki bisa menjadi wisata edukasi bagi wisatawan yang berkunjung.

Selain wisata satwa, juga bisa menikmati wahana wisata air di Danau Tandikek yang merupakan danau bekas penggalian batubara. Kita bisa mencoba Banana boat, Dragon Boat, sepeda air dan lainnya.

"Yang paling menarik nantinya, akan adanya koleksi baru satwa, yakni Harimau yang diberi nama si Boncah, namun sampai saat ini masih menunggu informasi dari pihak balai konservasi Bukittinggi. Si Boncah sendiri merupakan anak harimau yang tertangkap di Desa Taratak Bancah dan di konservasi di Taman Satwa Bukittinggi," tuturnya.

Masih dikawasan Kandi, juga ada wahana camping ground yang menyediakan camping glamour. Tak jauh dari situ tak lengkap pula sebelum singgah di Taman Buah Kandi sembari melayangkan pandangan ke Danau Kandi. Dan tak lupa jangan lewatkan berwisata ke desa wisata Rantih.(h/rki)

Editor: DavidR

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat