bdadinfo.com

Sebaran Rumah Ibadah Masjid dan Musala di Solok Selatan, Ternyata Paling Banyak di Kecamatan Ini - News

Masjid 60 Kurang Aso di Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu salah satu masjid tertua di Solsel (Jefli )

- Kabupaten Solok Selatan (Solsel) memiliki sebanyak 203 rumah ibadah Masjid dan 365 Musala yang tersebar di 7 Kecamatan.

Seperti disampaikan oleh Wakil Bupati Solsel, H. Yulian Efi ketika peresmian Masjid Nurul Iman di Nagari Pulakek Tangah Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu.

Yulian Efi mengatakan pertumbuhan dari segi kualitas dan kuantitas masjid di Solsel cukup banyak termasuk di Pulakek yang ada 6 masjid.

Baca Juga: Wabup dan Ketua DPRD Solsel Resmikan Masjid Nurul Iman di Pulakek Tangah, Ini Harapan Pengurus

"Ini semangat membangun ukwah dan keagamaan kita. Hampir tidak kuta temui bangun masjid yang semi permanen. Inilah semangat kita membangun masjid, tapi juga semangat bersama dalam meramaikan masjid," kata Yulian Efi.

Pihaknya mencatat ada 203 masjid yang terdaftar di Solsel dan 35 diantaranya ada di Kecamatan Sungai Pagu serta sebanyak 365 Musala di Solsel.

"Dulu bernama Musala Surau Gadang sekarang menjadi Masjid Nurul Iman. Apakah semangat membangun masjid sama dengan mengisi masjid," kata Wabup.

Baca Juga: The Best Rendang di Kota Padang, Wajib Coba Kalau Mampir ke Minang, Bisa Sih Kirim Ke Jawa

Dia berharap sesuai visi misi kepala daerah dalam peningkatan kualitas SDM berkarakter, sehingga didirikan Tahfiz Alquran setiap jorong untuk menciptakan generasi muda yang relegius.

"Harusnya masjid menjadi pemersatu umat, dan untuk semua kegiatan pendidikan keagamaan. Mari kembangkan dan rawat sarana masjid untuk anak cucu kita. Ini kewajiban kita bersama-sama. Insyaallah Pemkab Solsel juga bakal mengalokasikan anggaran dan tim safari Ramadhan Pemkab akan kunjungi masjid ini nantinya," katanya.

Berikut Sebaran Rumah Ibadah Masjid dan Musala di Solsel tiap kecamatan berdasarkan data Sistem Informasi Masjid Kemenag Solsel:

1. Kecamatan Sangir ada sebanyak 64 Masjid dan 76 Musala

2. Kecamatan Sangir Jujuan ada 12 Masjid dan 33 Musala.

3. Kecamatan Sangir Balai Janggo ada 17 Masjid dan 47 Musala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat