bdadinfo.com

Jalur Kereta Api Tertua di Sumatera Barat 'Mati Suri' Sejak 1983, Menanti Kebangkitannya dari Alam Kubur - News

Stasiun Kereta Api Pulau Air sudah ada sejak tahun 1891 dan sudah ditetapkan menjadi cagar budaya di Kota Padang dengan No. Inventaris 69/BCBTB/A/01/2046, yang berada di Jl. Pulau Air, Kel. Palinggam – Padang Selatan.

- Jalur kereta api Pulau Aie Padang Panjang adalah jalur kereta api yang membentang dari Stasiun Pulau Aie menuju Stasiun Padang Panjang.

Adapun, jalur kereta api Pulau Aie Padang Panjang ini termasuk dalam Divisi Regional II Sumatra Barat dan merupakan jalur utama di Divre tersebut.

Staatsspoorwegen ter Sumatra's Westkust (SSS), divisi dari Staatsspoorwegen, membangun jalur kereta api di Sumatra Barat berdasarkan konsesi izin yang diterbitkan Pemerintah Kolonial Belanda.

Baca Juga: Ganjar dan Muhaimin Iskandar Jadi 2 Kontestan Pilpres 2024 yang Sudah Kantongi SKCK Polri, Prabowo dan Anies?

Kemudian, disetujui oleh Parlemen Belanda pada September 1887. Pembangunan ini dimulai pada 6 Juli 1889.

Difungsikan untuk menghubungkan Padang dengan tambang batu bara Ombilin yang sangat terkenal

Secara rinci, jalur kereta api segmen ini terdiri atas segmen Emmahaven (Teluk Bayur) menuju Stasiun Padang yang diresmikan pada 1 Oktober 1892, serta Pulau Aie Padang Panjang pada 1 Juli 1891.

Baca Juga: Kini Dibangun jadi Museum, Inilah Rumah Masa Kecil Bung Hatta di Bukittinggi, Sumatera Barat

Jalur Kayu Tanam Padang Panjang ditutup sejak gempa bumi Sumatra Barat 2009 akibat kerusakan jembatan menjelang Stasiun Kayu Tanam.

Sementara kondisi jalur yang kurang memungkinkan di segmen Kayu Tanam-Padang Panjang.

Meskipun jalurnya sudah diperbaiki, tetapi jalur bergigi masih belum bisa diaktifkan karena kendala lokomotif BB204.

Baca Juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 60 Kurikulum Merdeka

Perkembangan saat ini, sejak 2015, segmen Lubuk Alung–Kayu Tanam diaktifkan kembali dan prasarananya sudah menggunakan rel jenis R54 bantalan beton.

Lalu dioperasikanlah bus rel (rail bus) Lembah Anai untuk segmen jalur ini sebagai layanan bus rel perintis pada akhir 2016.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat