bdadinfo.com

Pelaku UMKM Kota Pariaman Ikuti Pelatihan Akses Pemasaran - News

Genius Umar Buka Pelatihan Akses Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Kota Pariaman (Kominfo Kota Pariaman)


KOTA PARIAMAN, - Pelatihan akses pemasaran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Pariaman, yang digelar di The ZHM Premiere Hotel, Alang Laweh, Kota Padang, Kamis sore (21/9/2023) resmi dibuka oleh Wali Kota Genius Umar.

Acara ini diprakarsai oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop & UKM) Kota Pariaman, yang dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 21 sampai 23 September 2023 dan diikuti sebanyak 30 orang pelaku UMKM yang ada di Kota Pariaman. Dengan narasumber Muhammad Hifzan Sadida, seorang konten creator yang khusus didatangkan dari Yogyakarta untuk UMKM di Kota Pariaman.

“Tujuan kita adalah memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pelaku UMKM dalam memasarkan produk secara online berbasis digital, karena dizaman sekarang ini, persaingan semakin ketat, maka segenap daya dan upaya harus dilakukan dengan penuh semangat,” ujar Genius.

Baca Juga: Hadiri Hadiri 40 Tahun HIPPERA, Ini Pesan Penting Ketua Komisi IV DPRD Padang

Ia menambahkan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan UMKM adalah memperluas akses pemasaran, dengan semakin luasnya jaringan pemasaran, dapat meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan, sehingga UMKM dapat mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin, ucapnya.

“Saat ini, berdasarkan laporan dari Dinas Perindakop & UKM, bahwa Jumlah UMKM Kota Pariaman, per 31 Desember 2022 berjumlah 10.114 UMKM. Jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahunnya, dengan adanya peningkatan jumlah UMKM, pemerintah berharap kualitas UMKM juga semakin meningkat,” tukasnya.

Genius menuturkan, banyaknya UMKM dikota Pariaman, membuktikan bahwa pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas UMKM tersebut, dan ini menuntut peran aktif Pemerintah Daerah untuk selalu Dinamis dan membuat terobosan baru, agar UMKM yang ada di Kota Pariaman ini, mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah, ungkapnya.

Baca Juga: Gantikan Lintas Timur Sumatera, Tol ini Sambungkan Jambi-Palembang yang Terpisah 277 km Jadi cuma 3 Jam Saja!

“Memasuki era milenial yang sarat dengan ketergantungan pada sosial media seperti sekarang ini, digital marketing telah menjadi salah satu strategi promosi dan pemasaran yang sangat relevan sekaligus efisien bagi UMKM dan pelaku usaha yang ada di kota pariaman, oleh sebab itu pelatihan yang dilaksanakan ini, sangat tepat sekali diberikan kepada pelaku usaha,” terangnya.

Genius meminta kepada seluruh peserta yang hadir, untuk mengikuti pelatihan yang diberikan oleh narasumber dengan sungguh-sungguh, agar peluang usaha kita menjadi terbuka lebar, dan ekonomi kita akan semakin meningkat, tutupnya.

Kegiatan Pelaksanaan Pelatihan Akses Pemasaran Bagi Pelaku UMKM Kota Pariaman ini, merupakan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Kementerian Koperasi dan UKM RI, yaitu Kegiatan Dana Peningkatan Kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (PK2UMK). Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peeindagkop & UKM Kota Pariaman, Alyendra dan jajaran. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat