bdadinfo.com

Frugal Living, Tren Gaya Hidup Baru Kekinian agar Terhindar dari Pinjol - News

Ilustrasi (Freepik.com)



 

Frugal living atau gaya hidup hemat mulai menjadi pilihan di sejumlah kalangan masyarakat. Umumnya frugal living diterapkan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan yang biaya hidupnya cenderung mahal.

Frugal living bisa diartikan sebagai sebuah konsep untuk keputusan yang diambil dalam pengelolaan keuangan.

Gaya hidup frugal living telah menjadi tren dan semakin menjamur di kalangan anak muda. karena semua berkaitan dengen pengelolaan keuangan yang bijaksana.

Frugal living mengajarkan kita untuk berfokus pada kebutuhan dasar dibandingkan mengedepankan keinginan konsumtif yang berlebihan.

Baca Juga: Dukung MotoGP 2023 Mandalika, Telkomsel Hadirkan Layanan dan Konektivitas Digital Berkualitas Terdepan

Dengan ini, dapat membangun kestabilan finansial pribadi jangka panjang dan mencapai kebebasan finansial yang lebih cepat. Berikut cara untuk melakukan frugal living.

1.      Menyusun Rencana

Aspek penting dalam frugal living adalah pengelolaan anggaran. Menyusun rencana anggaran yang disiplin dapat mengidentifikasi pengeluaran yang dapat dikurangi atau dihilangkan.

Salah satu contoh adalah mengurangi kumpul bareng teman-teman di luar, membatasi belanja yang berdasarkan keinginan, atau mencari barang murah untuk sehari-hari sebagai alternatif.

2.      Gaya Hidup Minimalist

Frugal living mendorong haya hidup minimalist. Hidup minimalist berarti mengurangi kepemilikan barang yang tidak diperlukan.

Baca Juga: Super Megah! Inilah Deretan Bandara dan Pelabuhan di Sumatera Barat: Akses Keluar Masuk Wisatawan Asing

Hidup minimalist bisa menghargai apa yang kita miliki. Mengurangi konsumsi barang berarti menghemat uang.

Selain itu hidup minimalist bisa berdampak positif pada lingkungan karena mengurangi limbah dan dampak karbon.

3.      Mengurangi Stress

Frugal living tidak hanya bermanfaat untuk finansial tapi juga berdampak pada kesejahteraan pribadi.

Mengurangi stress tentang masalah uang bisa merasa lebih tenang dan bahagia. Fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup seperti hubungan sosial yang positif, kesehatan, dan perkembangan diri.

Selain itu, gaya hidup frugal living dapat membantu mengurangi tekanan pada lingkungan. Karena dapat menghindari pemborosan, dan mengurangi sampah.

Baca Juga: Satpol PP Damkar Padang Panjang Sosialisasikan Perda untuk Parpol

4.      Kreatifitas dan Mandiri

Hidup frugal living juga mengajarkan kreatifitas dan mandiri. Dengan mencari cara alternatif untuk mencapai tujuan atau kepuasan tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Kreatifitas juga dapat terbangun dengan hidup frugal seperti, memperbaiki barang yang rusak tanpa membelikan yang baru.

Hidup frugal dapat menjadi gaya tren tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Tanpa memerlukan uang lebih atau meminjam uang dari pinjol karena kehidupan yang berlebihan.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat