bdadinfo.com

Wagub Sumatera Barat Pamer Progress Jalan Tol Padang Sicincin Terkini, Netizen: Ini Baru Pemimpin Visioner! - News

Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingi Project Director Tol Jalan Tol Padang Sicincin Hutama Karya Marten Robert Singal menyusuri dan melihat persiapan pengerjaan lanjutan konstruksi jalan tol ruas Padang Sicincin.

- Kabar terkini progres pembangunan jalan tol Padang Sicincin yang terus dikebut menghasilkan kinerja yang positif saat ini. Tol ini bagian terpenting bagi laju perekonomian masyarakat di Sumatera Barat nantinya.

Baru-baru ini, Wagub Sumbar Audy Joinaldy didampingi Project Director Tol Jalan Tol Padang Sicincin Hutama Karya Marten Robert Singal menyusuri dan melihat persiapan pengerjaan lanjutan konstruksi jalan tol ruas Padang Sicincin.

Memang, terkait pembebasan lahan untuk ruas tol Padang Sicincin saat ini 77,4 persen dari 36,15 km, total lahan tersambung sepanjang 12 km dengan masih ada akses-akses jalan kendaraan proyek yang belum bebas.

Butuh dukungan dari berbagai pihak untuk suksesnya pembangunan Tol Padang Pekanbaru ruas Padang-Sicincin, agar dapat langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga: Sukses di Periode Pertama, KCIC Kembali Hadirkan WHOOSH Experience Program untuk Kali Kedua

Jalan Tol Padang Pekanbaru adalah jalan tol bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Padang dengan Pekanbaru.

Ruasnya berada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau melewati Lembah Anai yang merupakan deretan tebing curam yang terletak di Padang Panjang terus menyeberang jurang di Ngarai Sianok, Bukittinggi dan bersambung dengan kelok sembilan di Payakumbuh.

Tol sepanjang 254,8 km dengan rute Padang menuju Bukittinggi sampai ke Pekanbaru akan segera dimulai dan yang luar biasa dari proyek ini adalah adanya terowongan sepanjang 8,95 km yang berada tepatnya di daerah Payakumbuh.

Baca Juga: Sejarah Terulang! Dulu di Bukittinggi, Sekarang Jepang Bangun Proyek Tol Terowongan Menembus Bukit Barisan

Terowongan yang menembus Bukit Barisan tersebut adalah terowongan tol pertama di Indonesia dan menjadi terowongan terpanjang. Tahap awal dilakukan peletakan batu pertama Padang-Sicincin.

Untuk membangun terowongan tersebut dibutuhkan dana sekitar Rp9 triliun dari total Rp78,09 triliun pembangunan keseluruhan, jadi untuk terowongan saja sudah menghabiskan dana Rp9 Triliun.

Pada tanggal 27 Oktober 2022, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang telah resmi beroperasi dan dibuka untuk umum serta belum dikenakan tarif karena masih dalam tahap uji coba.

Baca Juga: Proyek JTTS Backbone Dikebut! Tapi Tol Bengkulu dari Padang di Rem Dulu, Pembangunannya Seperti Pilih Kasih

Pada tanggal 4 Januari 2023, Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Pekanbaru-Padang Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang diresmikan kepada Presiden Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat