bdadinfo.com

Bukan Jalan Tol, Ternyata Jenis Proyek Ini Jadi yang Paling Banyak Mengisi Daftar PSN - News

Daftar jenis proyek PSN terbanyak, selain jalan tol (sda.pu.go.id)

 

- Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan sekumpulan proyek strategis yang dijalankan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah serta bekerjasama badan usaha tertentu.

PSN memiliki sifat strategis karena dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan dalam meningkatkan kesehjateraan masyarakat serta pembangunan daerah.

PSN dimulai sejak awal era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan berlandaskan Peraturan Presiden (Perpres).

Baca Juga: Cerdas! Ternyata Begini Taktik Palsu Hamas yang Memporak-porandakan Israel

Terdapat beberapa jenis proyek yang termasuk dalam PSN, mulai dari proyek jalan tol, bendungan, hingga proyek pelabuhan dan bandara.

Dari sejumlah jenis proyek tersebut, proyek yang paling populer di kalangan masyarakat yaitu proyek jalan tol, khususnya proyek Jalan Tol Trans Jawa (JTTJ) dan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Meskipun populer dan mencuri perhatian masyarakat, akan tetapi proyek jalan tol bukanlah jenis proyek dengan jumlah terbanyak dalam daftar PSN.

Baca Juga: Terungkap! 31,9 Persen Warga Indonesia Pakai Pinjaman Online untuk Gaya Hidup, Komisi XI DPR RI Soroti Ini

Dikutip dari laman dataindonesia.id, pada Rabu, 11 Oktober 2023, proyek jalan tol merupakan jenis proyek kedua terbanyak dalam daftar PSN.

Berdasarkan Permenko Nomor 21 Tahun 2022, jumlah seluruh PSN yakni sebanyak 210 proyek dan 12 program, dengan total investasi sebesar Rp5.746,6 triliun.

Dari 210 proyek, terdapat 53 PSN yang berupa jalan, mulai dari proyek jalan tol hingga jalan akses ke pelabuhan.

Baca Juga: Waduh! Empat Ruas JTTS Batal Digarap, Hanya Dua Provinsi Ini yang akan Terkoneksi Jalan Tol di Pulau Sumatera

Jumlah jenis proyek jalan tersebut melebihi jenis atau sektor PSN lainnya, seperti sektor kawasan dengan total 24 PSN, serta sektor pelabuhan dan energi yang sama-sama berjumlah 16 PSN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat